19 Pulau di Padang Belum Ada Investor


Jumat, 23 Maret 2018 - 13:51:11 WIB
19 Pulau di Padang Belum Ada Investor Sceenshot

PADANG, HARIANHALUAN.COM --Sebanyak 19 pulau kecil di Kota Padang sampai saat ini masih belum terdaftar memiliki investor asing di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kota Padang. Investor harus mengikuti prosedur dan memiliki izin prinsip penanaman modal terlebih dahulu.

"Sampai saat ini, kami mencatat belum ada investor asing yang menanamkan modal untuk pulau di Kota Padang," ujar Kepala Bidang Penanaman Modal BPMPTSP Kota Padang, Richardi Akbar, kemarin.

Ia mengatakan, untuk Penanaman Modal Asing (PMA) harus memiliki izin dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). "Izinnya itu langsung dari nasional. Namun nantinya tetap akan berkoordinasi dengan provinsi atau kota. Jadi, apabila sudah tentunya kami akan tahu," katanya.

Namun, ia tidak menutup kemungkinan ada modal asing yang langsung bekerja sama dengan masyarakat.

"Sumbar atau lebih tepatnya ranah minang kan mempunyai tanah ulayat sendiri. Bisa jadi ada yang langsung bekerja sama dengan masyarakat," katanya.

Namun, ia mengatakan, akan mencari tahu itu dan menindak lanjutinya. "Kalau itu kan tidak sesuai prosedur. Jadi apabila kami tahu, akan langsung kami tindak lanjuti. Mudah-mudahan tidak ada. Karena apapun itu harus memili izin terlebih dahulu," ujarnya.

Izin pertama yang harus dimiliki investor yaitu izin prinsip penanaman modal bisa di kota, provinsi, nasional.

"Semua tergantung berapa investasinya. Namun untuk PMA, itu memang harus nasional karena banyak yang harus dilengkapi," ungkapnya.

Ia mengatakan, agar tidak terjadi seperti kasus di Aloitta, BPMPTSP Kota Padang akan memperketat izin seseuai dengan peraturan yang berlaku. "Selain itu, saya yakin pemberian izin tidak akan mudah karena banyak yang terkait, yang sebelumnya dilewati untuk memperoleh izin," tutupnya. (h/mg-mal)

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]