Pessel Komit Pertahankan Piala Adipura


Sabtu, 24 Maret 2018 - 00:41:29 WIB
Pessel Komit Pertahankan Piala Adipura AKSI BERSIH - Terlihat ratusan pelajar Kota Painan Pessel saat melakukan aksi bersih linkungan di sepanjang pantai Carocok Pessel, Jumat (23/3). M JONI

PAINAN, HALUAN - Pemkab Pessel bersama masyarakat tetap komit untuk mempertahankan piala Adipura katagori kota kecil yang bersih dan tertata rapi. Apalagi daerah ini merupakan salah satu daerah yang kaya akan potensi wisatanya di Sumbar. Hal ini disampaikan Bupati Hendrajoni di Pantai Carocok Painan, Jumat (23/3).

“Kita sepakat untuk mempertahankan prestasi gemilang piala Adipura tersebut untuk tahun 2018 i ni. Semua ini bisa tercapai berkat adanya kepedulian semua elemen masyarakat yang besinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan Pessel sebagai kota kecil dan bersih,” sebut Hendrajoni.

Baca Juga : Wujudkan Pendidikan Berlalu Lintas, Polda Sumbar MoU dengan Disdik

Ditegaskan bupati, seluruh kantor dinas instansi di lingkungan Pemkab Pessel harus memiliki tanggung jawab akan kebersihan lingkungan. Selain itu, diharapkan kepedulian masyarakat agar tidak lagi ada daerah kumuh, terutama pada lingkungan pasar. “Sampah harus dibuang pada tempatnya, sesuai dengan jenis sampah untuk dibawa oleh petugas kebersihan ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” lanjutnya.

Bupati juga mengimbau pihak perbankan di wilayah Pessel untuk dapat menyediakan bak sampah minimal 20 unit per bank. Tak hanya itu, perbankan juga diminta diminta untuk bisa membantu menyiapkan petugas kebersihan yang dibiayai oleh bank itu sendiri. “Kebersihan bukan tanggung jawab pemerintah saja, namun menuntut kepedulian semua pihak proaktif terhadap memelihara lingkungan tetap bersih,” tegasnya.

Baca Juga : BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter di Perairan Sumbar Sampai Besok

Negeri Pesisir Selatan bisa menjadi bersih, mempesona dan ramah lingkungan tidak terlepas adanya kebersamaan membangun dan menjaga lingkungan bebas dari keterpurukan. Termasuk ternak yang berkeliaran merupakan salah satu faktor yang dapat membuat lingkungan menjadi semberaut serta menganggu kenyamanan masyarakat lingkungan serta penguna jalan. “Hewan ternak yang mengganggu kenyamanan ini harus ditertibkan,” tegas bupati lagi.

Kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai penegak Perda, dingatkan supaya menindak hewan berkeliaran di fasilitas umum tersebut. Kemudian tertibkan juga hiburan orgen tunggal menampilkan artis yang hot. Karena ini dapat memicu berbagai dampak negatif serta mengundang keributan di tengah masyarakat.

Baca Juga : Sempat Terhenti, Pembangunan Monumen Bela Negara Segera Dilanjutkan

“Yang pasti, menjaga kebersihan lingkungan di Pesisir Selatan ini adalah tanggung jawab kita bersama,” ingat bupati dihadapan ratusan pelajar yang proaktif melakukan aksi gotong royong disepanjang Pantai Carocok, Painan, Jumat (23/3). (h/mjn)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]