MASYARAKAT KABUPATEN SOLOK

Didorong Miliki Dokumen Kependudukan


Senin, 26 Maret 2018 - 01:50:06 WIB
Didorong Miliki Dokumen Kependudukan PUKUL GONG - Bupati Solok, Gusmal didampingi Sekda Aswirman, Ketua TP-PKK, Hj Desnadefi dan Ketua GOW Dahliar Yulfadri Nurdin memukul gong menandai pencanangan gerakan Indonseia sadar Administrasi kependudukan yang dirangkai dengan Bulan Bakti Dasa Wisma di Halaman Kantor Camat Kubung, Jumat (23/3) kemaren. YUTISWANDI

AROSUKA, HALUAN — Memiliki dokumen kependudukan yang sah merupakan sebuah keharusan bagi setiap warga negara. Pemerintah terus berupaya melakukan tertib adminsitrasi kependudukan ini melalui berbagai program kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam melakukan perekaman data ke dinas terkait.

Kelengkapan administrasi kependudukan merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara, agar keberadaannya di akui secara hukum oleh negara. “Saya berharap bagaimana kita semua bisa memenuhi dokumen kependudukan kita, saya minta kepada Camat untuk terus mensosialisasikannya kepada masyarakat,” kata Bupati Solok Gusmal saat pencanangan Gerakan Indonseia sadar administrasi kependudukan yang dirangkai dengan Bulan Bakti Dasa Wisma di Halaman Kantor Camat Kubung, Jumat (23/3) kemaren.

Baca Juga : Peduli, Satreskrim Polres Sijunjung Beri Bantuan ke Panti Asuhan

Hadir dalam kegiatan itu, Sekda kab Solok H.Aswirman, Kepala DPMN Medison, Kepala dinas dukcapil Radiatul Hayat, Kepala dinas kesehatan dr. Sri Efianti, Ketua TP PKK kab Solok Ny. Desnadefi Gusmal, Ketua GOW Kab Solok Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Ketua DW Kab Solok, Ny. Harlina Yeti Aswirman, Camat se-Kab Solok, Ketua PKK kecamatan se-Kab Solok dan para kader Dasa Wisma di daerah itu.

Sejalan dengan itu, kata Bupati, Kelompok Dasa Wisma adalah ujung tombak pembangunan bangsa dan Negara. Karena kelompok dasawisma memiliki data yang akurat lantaran mereka bekerja hanya untuk 20 KK di tempatnya, jadi mereka lah yang tahu mana keluarga miskin, kaya mana keluarga yang meninggal dan melahirkan. “Kalau kelompok Dasa Wisma ini bekerja teratur dan disiplin kepala
SKPD, camat, walinagari bisa memanfaatkan informasi yang ada di kelompok Dasa Wisma untuk pembangunan daerah,” kata bupati.

Baca Juga : Lantik 11 Ketua TP PKK, Harneli: Intinya Kompak, Kepala Daerah Pasti Sukses

Sementara itu, Kadis Dukcapil Kab Solok, Radiatul Hayat mengatakan, tujuan pelaksanaan gerakan Indonesia sadar administrasi adalah meningkatkan kesadaran dalam kepemilikan dokumen kependudukan, bagi semua lapisan masyarakat dan Meningkatkan kesadaran untuk melaksanakan pemutakhiran data kependudukan. “Kita ingin meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukannya sehingga terlaksana pemutakhiran data kependudukan dan penyelesaian penerbitan dokumen identitas bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Dengan pelaksanaan bulan bakti Dasa Wisma diharpakan gerakan PKK di Kab Solok semakin maju dan mampu mendongkrak 30 persen dari 1.910 kelompok Dasa Wisma yang masih tumbuh, menjadi dasawisma yang berkembang. “Kita harap 30 persen dari 1.720 kelompok Dasa Wisma yang sekarang masih berkembang akan menjadi lebih maju,” bebernya. (h/ndi)

Baca Juga : Trans Mentawai Wahana Strategis Pemasaran Pertanian ke Daerah

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]