Sembilan Pemuda Sijunjung Pelatihan ke Bandung


Senin, 26 Maret 2018 - 23:57:29 WIB
Sembilan Pemuda Sijunjung Pelatihan ke Bandung KABID Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans Sijunjung, Arizal foto bersama sembilan orang peserta asal Kabupaten Sijunjung saat berada di BBPLK Bandung. IST

SIJUNJUNG, HALUAN — Salah satu upaya menekan angka pengangguran serta mengintensifkan pelatihan kerja berbasis pada kompetensi serta, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan Transmigrasi Sijunjung kirimkan sembilan orang ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Hal ini dilakukan guna mempercepat peningkatan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Sijunjung.

 

Baca Juga : Sebanyak 27.798 Orang di Sumbar Telah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

“Untuk sembilan orang yang dikirim ke Bandung mengikuti pelatihan kerja di bidang manufacture, berangkat pada tanggal 23 Maret 2018. Sementara untuk pengiriman peserta pelatihan ke BBPLK Serang untuk jurusan las dan listrik serta BBPLK Medan jurusan pariwisata dan konstruksi baja rencananya akan diberangkatkan dalam waktu dekat ini,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sijunjung, Riki Maineldi didampingi Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Arizal, Senin (26/3) di ruang kerjanya.

 

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 87 Orang, Total 29.467 Kasus

Menurutnya, selain modul pelatihan mengacu kebutuhan industri, peserta pelatihan di BBPLK juga harus mengikuti proses magang di perusahaan serta mengikuti sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan bersama Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP).

Mantan Camat Tanjung Gadang tersebut juga mengungkapkan, untuk mengikuti BBPLK ini adalah peserta rata-rata mereka yang putus sekolah.

Baca Juga : Deklarasi Tolak KLB, Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY

“Untuk biaya keberangkatan peserta ditanggung BBLK Bandung, mulai dari tiket pesawat dari Padang ke Bandung serta tempat nginap dan makan semuanya ditanggung BBPLK Bandung serta uang saku selama pelatihan,” jelasnya.

 

Baca Juga : Kunjungan ke BLK Padang, Wagub Audy: Ini Menakjubkan Sekali!

Ia menjelaskan, peserta yang mengikuti BLK tersebut akan melakuka pelatihan selama 1 bulan hingga 1 setengah bulan. Namun, jika ada para peserta BLK yang meninggal, lari atau meninggalkan pelajaran, seluruh biaya peserta mulai dari berangkat, pihak BBLK akan minta melalui dinas terkait untuk mengganti biayanya.

 

“Kita berharap, kepada semua peserta yang mengikuti pelatihan di BBLK Bandung tersebut, mengikuti semua pelajaran dengan sungguh-sungguh hingga akhir. Karena,

semua biaya pihak BBPLK serta untuk bekal dalam dunia kerja nantinya jika lulus dalam pelatihan di BBPLK tersebut, ” harapnya. (h/ogi)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]