Pemkab Agam Bagikan 1 Juta Bibit Bunga Gratis


Selasa, 27 Maret 2018 - 07:33:06 WIB
Pemkab Agam Bagikan 1 Juta Bibit Bunga Gratis Kabid Pemulihan dan Konservasi Sumber Daya Alam, Japrizal, saat melihat kebun bunga di kantornya, Senin (27/3). Dayat

Bibit Tanaman Bunga Diberikan Secara Gratis


AGAM, HARIANHALUAN- Pemerintah Kabupaten Agam sejak  awal tahun 2018, sudah membagikan lebih kurang 1 juta bibit beraneka ragam aneka tanaman. Salah satunya bibit bunga yang paling diminati adalah Bunga Bayam Merah (miyana). Keunggulannya, tahan lama, warna bunga menarik.

Senin (26/3), mengatakan, pembagian bibit bunga tersebut agar warga menciptakan lingkungan yang asri dan sehat.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

Dikatakannya, saat ini di kebun bibit Lingkungan Hidup dikembangkan beraneka jenis bunga. Di antaranya Bunga  Bawang, Pucuk Merah, Lavender, Melati Mini, Asoka, Bougenvile, Brokoli, Matahari, dan Pinang Merah.

“ Kami saat ini kini gencar mendorong warga menanam aneka tanaman, termasuk bunga.Bagi warga yang berminat, silakan menghubungi Dinas Lingkungan Hidup. Bibit bunga diberikan Cuma-Cuma,” ujarnya.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Dikatakannya, untuk menjadi percontohan bagi masjid, perkantoran, atau rumah warga

Pihaknya kini membenahi taman di lingkungan Masjid Agung Nurul Fallah, Padang Baru Lubuk Basung. Taman di area tersebut ditata dengan sebagus mungkin.

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

Dikatakannya ada sejumlah jenis yang tidak lagi dikembangnkan seperti bunga SBY. Jenis ini  usianya pendek. Tidak begitu cocok untuk menghiasi taman-taman di tempat umum, seperti Taman Bundaran Simpang Tigo Lubuk Basung.

“Dulu pernah ditanam di beberapa taman dalam kawasan ibu Kabupaten Agam. namun hanya bertahan sekitar tiga bulan, setelah itu bunga akan layu, dan mati,” jelasnya.

Baca Juga : Walinagari Mengalihkan Bantuan untuk Siswa Korban Banjir Solsel, Kepsek: Kami Tidak Tahu

Sekaitan tidak dipangkasnya bunga pucuk merah di taman jalan jalur dua, Japrizal mengatakan, itu disengajakan, apabila sudah tumbuh besar dulu, baru dipangkas, agar mudah membentuknya. Bila tidak, bunga akan tumbuh tidak bagus. (h/yat)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]