Terbang ke Amerika, Gubernur Irwan Dianggap Kurang Paham Pasar Wisata Sumbar


Selasa, 27 Maret 2018 - 12:27:24 WIB
Terbang ke Amerika, Gubernur Irwan Dianggap Kurang Paham Pasar Wisata Sumbar Gubernur memaparkan peluang investasi di bidang energi, pariwisata, kelautan, dan perdagangan Sumbar di Indonesian Cultural Centre, Chicago, Illinois, Amerika Serikat. (Foto( FB Irwan Prayitno)

PADANG, HALUAN – Pengamat ekonomi, Hefrizal Hendra merasa heran dengan kepergian Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ke Amerika. Dalam kunjungan, Irwan katanya mau mempromosikan wisata Sumbar di Negeri Donal Trump itu. Padahal Amerika dianggap bukan pasarnya wisata Sumbar yang berlabel halal.

Hefrizal menilai kunjungan itu tidak efektif. “Seharusnya harus ada perhitungan terlebih dahulu sebelum berkunjung. Apakah nantinya akan berdampak langsung kepada pariwisata Sumbar atau tidak. Karena dari riwayat selama ini, wisatawan terbanyak yang datang mengunjungi Sumbar itu berasal dari daerah Asia Tenggara seperti Malaysia. Amerika tidak pasar yang menggiurkan untuk wisata Sumbar,” katanya.

Baca Juga : Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara

Selain negara-negara yang berasal dari Asia Tenggara, ia menilai, lebih efektif untuk melakukan kunjungan ke negara Timur Tengah karena saat ini Sumbar yang saat ini sedang mempromosikan wisata halal. “Seharusnya belajar dengan Manado yang saat ini sudah memiliki penerbangan langsung dari Cina, karena pengunjung terbanyaknya itu dari Cina. Seharusnya kunjungan ke luar bisa berdampak langsung,” ujarnya.

Sebelum melakukan kunjungan, seharusnya Gubernur Irwan Prayitno harus melakukan evaluasi terhadap kunjungan-kunjungannya sebelum saat ini. “Apakah kunjungan sebelum ini sudah efektif atau belum? Semestinya evaluasi yang demikian dulu dan diketengahkan ke masyarakat dengan transparan. Masyarakat juga berhak tahu apa yang dilakukannya saat kunjungan tersebut. Bahkan, masyarakat harus tahu apa manfaat dari kunjungan tersebut,” katanya.

Baca Juga : Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara

Lainnya, pengamat politik, Eka Vidia mengatakan tidak masalah dengan kunjungan ini, asal bisa memberikan dampak kepada Sumbar. “Yang pasti itu masyarakat harus tahu tentang apa yang akan dilakukan dalam kunjungan. Sebelum berangkat seharusnya ada publikasi. Sepulangnya nanti juga harus ada,” katanya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno untuk kedua kalinya dalam tenggat waktu empat bulan, kembali terbang ke Amerika Serikat. Jika dulu alasannya bertemu sejumlah Konjen RI untuk membahas peluang bisnis, sekarang dalihnya untuk pemaparan peluang investasi dihadapan para calon investor.

Baca Juga : Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet

Diketahui, Irwan Prayitno berangkat ke Amerika pada Minggu, 25 Maret. Bersama gubernur, ikut serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar Maswar Dedi dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumbar Amran. (h/mg-mal)


Editor: Bhenz Maharajo

Baca Juga : Musibah di Jumat Petang, Empat Rumah Hangus Terbakar

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 06 Maret 2021 - 10:39:05 WIB

    Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara

    Astaga! Ada Masalah, Pilot Matikan Mesin Boeing 737 MAX Saat Mengudara Sebuah pesawat Boeing 737 MAX milik maskapai American Airlines berhasil mendarat dengan selamat setelah pilot mematikan satu mesin selama penerbangan. Pesawat tersebut mendarat di Newark, New Jersey, Amerika Serikat pada hari.
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 23:33:05 WIB

    Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara

    Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara Setidaknya sudah 319 tersangka kasus narkoba di Kabupaten Inhu, Provinsi Riau  diringkus dan meringkuk dibalik jeruji besi semenjak jabatan  Kapolres Inhu dipangku oleh AKBP Efrizal S.I.K, hingga sekarang..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:47:16 WIB

    Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet

    Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet Satu unit truk tangki pembawa CPO terperosok di bagian pangkal jembatan darurat Pinaga Sungai Paku. Kejadian tersebut mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang di Jalan Lintas Kinali-Padang, Kabupaten Pasaman Barat, Jumat (5.
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:33:45 WIB

    Musibah di Jumat Petang, Empat Rumah Hangus Terbakar

    Musibah di Jumat Petang, Empat Rumah Hangus Terbakar Empat rumah berkonstruksi permanen,  terbakar dengan cepat, Jumat (5/3/21) petang. Dalam musibah  tidak ada korban jiwa..
  • Jumat, 05 Maret 2021 - 22:26:05 WIB

    Dua Orang Hilang Terseret Ombak di Perairan Pesisir Selatan

    Dua Orang Hilang Terseret Ombak di Perairan Pesisir Selatan Dua orang dilaporkan hilang terseret ombak di perairan pesisir pantai, Nagari Lakitan, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (5/3/2021) sekitar pukul 17.00 WIB. Mendapat laporan, tim dari Kantor Pencarian dan .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]