Polri Gelar Anugerah Jurnalistik, Yuliandre Darwis: Memberikan Energi Positif


Rabu, 28 Maret 2018 - 14:46:18 WIB
Polri Gelar Anugerah Jurnalistik, Yuliandre Darwis: Memberikan Energi Positif Foto bersama ketua KPI, Kapolri dan jajaran di ruang Rupa Tama, Mabes Polri, Selasa, (27/3).

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-- Mabes Polri akan menggelar lomba jurnalistik Polri 2018. Acara ini dilaunching oleh Kapolri di ruang Rupa Tama, Mabes Polri, Selasa, (27/3).

Dalam press release yang diterima harianhaluan.com, anugerah itu merupakan event yang sangat bergengsi dan kredibel, karena semua jurnalis terbaik dari masing-masing media akan ikut sebagai peserta. Salah satu hadiah yang menarik, pemenang akan mendapatkan reward meliput kunjungan kerja bersama Kapolri ke luar negeri.

Baca Juga : Waduh! Ada Temuan Varian Baru Covid-19 B117 di Dua Pasien Indonesia

Beberapa tokoh yang didaulat menjadi dewan juri seperti Ketua KPI Yuliandre Darwis, Ketua Dewan Pers Yoseph Adi Prasetyo, mantan Pemimpin Redaksi Metro TV Putra Nababan, Fotografer terbaik Indonesia Darwis Triadi dan sejumlah tokoh nasional lainnya.

Menurut Kapolri, jika media memberitakan hal-hal buruk, masyarakat akan terprovokasi, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, lewat lomba Anugerah Jurnalistik Polri, media diajak berkompetisi membuat berita yang menyejukkan dan mengampanyekan isu perdamaian terutama pada tahun politik.

Baca Juga : Pakar Hukum: Tak Ada Pidana pada Kerumunan di Maumere

"Tujuannya untuk memancing dan mendorong teman-teman media di tengah kontestasi politik sekarang. Peran media penting, bisa mendinginkan suasana, bisa juga memanaskan suasana," kata Tito

Yuliandre Darwis selaku juri menyampaikan,  event seperti itu akan memberikan energi positif kepada masyarakat terutama konteks pemberitaan di media. Dimana saat ini beberapa media dinilai memiliki kepentingan masing-masing dan bisa saja terjadi perang kepentingan pada pemberitaan politik.

Baca Juga : Polisi Pastikan Penembakan Terhadap Gus Idris Adalah Hoaks

“Kami berharap event ini akan mendorong media-media di Indonesia untuk menjadi pusat informasi utama, serta menjunjung tinggi kaedah-kaedah Jurnalistik, terutama di ranah media online," ujar Yuliandre.

Contoh sebagai kasus pada pemberitaan pilkada, pesta rakyat ini akan membuat polarisasi masyarakat pada pilihan-pilihan terntentu. Setiap pilihan terdapat perbedaan pendapat kepentingan dan lainnya.

Baca Juga : Setahun Pandemi Covid-19, Ribuan Miskin Baru Lahir di Kota Bandung

Yuliandre melanjutkan, media harusnya menjadi pemersatu bukan sebailiknya dengan menyebarkan isu hoaks yang bisa memecah belah, ditambahkan lagi event humas polri ini senada dengan tema Hasiarnas tanggal 1 April 2018, dengan tema Indonesia Bicara Baik media diharapkan media bisa memberikan informasi yang baik pula untuk menjaga keutuhan bangsa.(h/rel)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Maret 2021 - 17:33:03 WIB

    Waduh! Ada Temuan Varian Baru Covid-19 B117 di Dua Pasien Indonesia

    Waduh! Ada Temuan Varian Baru Covid-19 B117 di Dua Pasien Indonesia Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengonfirmasi temuan dua kasus mutasi virus jenis baru B117-UK di Tanah Air. Temuan virus corona ditemukan di Indonesia tepat setahun peringatan Covid-19, Senin (1/3) malam..
  • Selasa, 02 Maret 2021 - 16:55:29 WIB

    Pakar Hukum: Tak Ada Pidana pada Kerumunan di Maumere

    Pakar Hukum: Tak Ada Pidana pada Kerumunan di Maumere Pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia (UI) Indriyanto Seno Adji menyebut kerumunan warga di Maumere yang terjadi saat Presiden Joko Widodo melintas tidak ada basis yang elementer adanya peristiwa pidana..
  • Selasa, 02 Maret 2021 - 16:24:28 WIB

    Polisi Pastikan Penembakan Terhadap Gus Idris Adalah Hoaks

    Polisi Pastikan Penembakan Terhadap Gus Idris Adalah Hoaks Polisi menyatakan peristiwa dugaan penembakan yang dialami tokoh agama Idris Al Marbawy atau Gus Idris dari Pondok Pesantren (Ponpes) Thoriqul Jannah Desa Babadan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, sejauh ini hoaks atau inf.
  • Selasa, 02 Maret 2021 - 16:03:27 WIB

    Setahun Pandemi Covid-19, Ribuan Miskin Baru Lahir di Kota Bandung

    Setahun Pandemi Covid-19, Ribuan Miskin Baru Lahir di Kota Bandung Hari ini Selasa (2/3/2021), tepat setahun lalu kasus pertama Covid-19 ditemukan di Indonesia. Pandemi menghantam segala aspek di masyarakat, salah satunya ekonomi yang merosot cukup tajam. Banyak masyarakat miskin baru yang b.
  • Selasa, 02 Maret 2021 - 14:28:19 WIB

    Jokowi Cabut Perpres Investasi Minuman Keras

    Jokowi Cabut Perpres Investasi Minuman Keras Presiden Joko Widodo atau Jokowi memutuskan untuk mencabut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 tahun 2021 tentang tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang mengizinkan investasi minuman keras atau miras di empat wilayah di .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]