Payakumbuh Bakal Punya Kampung dan School of Rendang


Rabu, 28 Maret 2018 - 20:31:51 WIB
Payakumbuh Bakal Punya Kampung dan School of Rendang Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunas saat berdiskusi dengan Pemimpin Umum Harian Haluan, Zul Efendi di Kantor Haluan, Komplek Bandara Tabing, Padang, Rabu (28/3). RIVO SEPTI ANDRIES

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Payakumbuh akan menjadikan Payakumbuh sebagai kota wisata kuliner, khususnya rendang. Untuk mendorong branding sebagai Kota Rendang, Pemko Payakumbuh bahkan menyiapkan kampung rendang dan juga school of rendang.

Dua tempat ini, diharapkan akan menjadi tujuan favorit wisatawan yang nantinya yang ingin mengetahui tentang rendang lebih detail lagi. Karena di kampung rendang dan school of rendang, wisatawan tidak hanya disuguhkan masakan rendang jadi, namun akan diajak untuk ikut memasak rendang.

Baca Juga : Minimalisir Penggelapan Aset Daerah, Pemkab Pessel Lakukan Inventarisasi Secara Berkala

 “Gubernur sudah menetapkan Payakumbuh sebagai Kota Rendang. Kami mengambil kesempatan itu untuk benar-benar mewujudkan Kota Payakumbuh menjadi ikon rendang di dunia,” kata Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunas, damping Kepala Bidang (Kabid) Humas Diskominfo Payakumbuh, Irwan Suwandi, dan Kasi Humas, Efnita, saat berkunjung ke Harian Haluan Rabu (28/3).

Dijelaskannya, nantinya di school of rendang, akan ada materi mengenai rendang seperti pemilihan bahan baku daging, proses pengolahan, dan pengemasan dalam membuat rendang sudah berjalan dengan efektif. Sedangkan untuk fase sentra industri rendang tahap pertama sudah selesai dilakukan.

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Proaktif Lakukan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

School of rendang dalam tahun ini kami targetkan sudah beroperasi. Sampai saat ini tahap pembangunanya baru 60 persen dan akhir tahun ini akan dipacu 40 persen lagi penyelesaianya,” ujarnya di depan Pemipin Umum Harian Haluan, Zul Effendi, Pemimpin Redaksi, Ismet Fanany MD, Pemimpin Perusahaan, David Ramadian, dan Koordinator Liputan Harian Haluan, Isra Hermanto.

Sebagai langkah besar kedepanya kata Erwin Yunas, Pemko Payakumbuh juga merencanakan pengadaan alat pengawetan rendang yang membuat rendang bisa bertahan hingga dua tahun lamanya tanpa bahan pengawet. Cara yang dilakukan kata Erwin, menggunakan sinar gama yang akan membuat rendang produksi Payakumbuh bisa tahan lama.

Baca Juga : Mengenal M. Irfan Monaf dan Rihhadatul Aisya Yube, Pemenang Duta GenRe Solsel 2021

“Kami ingin agar wisatawan yang datang ke Sumbar kalau tidak ke Kota Rendang itu belum ke Sumbar namanya. Brand itu yang nantinya akan kita bangun di Kota Payakumbuh,” katanya.(h/mg-rei)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]