Antisipasi Penyakit Menular, Prajurit Lantamal II Ikut Sosialisasi Bahaya TBC


Kamis, 29 Maret 2018 - 15:13:05 WIB
Antisipasi Penyakit Menular, Prajurit Lantamal II Ikut Sosialisasi Bahaya TBC Kepala Kesehatan Pelabuhan kota Padang dr. Aryanti, (kanan) dan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal II Letkol Laut (K/W) drg. Wahyu saat solialiasi TBC di di Gedung Nanggala Mako Lantamal II, Kamis (29/03). Penlantamal II

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Lantamal II Padang melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal bekerjamsa dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Padang mengadakan sosialisasi sosialisasi dan screening Tuberculosis (TBC) dalam rangka memperingati hari TBC sedunia di Gedung Nanggala Mako Lantamal II, Kamis (29/03).

Komandan Lantamal II Laksma TNI Agus Sulaeman dalam sambutannya, memerintahkan seluruh personel Lantamal II agar dapat mengikuti seluruh rangkaian sosialisasi. Karena sosialisasi ini memiliki makna dan manfaat sangat penting yaitu agar kita mampu menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, lingkungan kedinasan dan lingkungan masyarakat.

Baca Juga : Padamkan Karhutla, Personal Gabungan Bermalam di Hutan

“Kegiatan sosialisasi dan screening TBC sangat bermanfaat bagi seluruh prajurit dan keluarga besar Lantamal II untuk mengetahui seberapa besar tentang bahayanya penyakit TBC bagi kesehatan. Tuberkulosis (TB) yang juga dikenal dengan singkatan TBC, adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis,” terangnya, dalam press release yang diterima harianhaluan.com, Kamis (29/3).

Dikatakannya, penyakit tersebut ditularkan dari penderita TB aktif yang batuk dan mengeluarkan titik-titik kecil air liur dan terinhalasi oleh orang sehat yang tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini. TB termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia. Data WHO menunjukkan bahwa pada tahun 2015, Indonesia termasuk dalam 6 besar negara dengan kasus baru TB terbanyak.

Baca Juga : Warga Gugat Bobroknya Pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru

Kepala Kesehatan Pelabuhan kota Padang dr. Aryanti, dan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal II Letkol Laut (K/W) drg. Wahyu, menjelaskan, TBC bukan penyakit kutukan/keturunan, tetapi disebabkan oleh kuman, TBC bisa diobati sampai sembuh, dengan cara menjalani pengobatan secara teratur selama 6-8 bulan.

“Penderita TBC tidak perlu dijauhi, tetapi sebaiknya dianjurkan untuk menerapkan etika batuk yang benar,”imbuhnya.

Baca Juga : Bobroknya Pengelolaan Sampah di Pekanbaru Jadi Perhatian Nasional

Usai sosialisasi dilanjutkan sesi tanya jawab dan Screening. Kegiatan dihadiri lebih dari 120 orang Anggota Lantamal II.Turut hadir dalam acara yaitu Wadan Lantamal II, Asisten Danlantamal II, Dansatrol Lantamal II, Kasatker Lantamal II, Danyonmarhanlan II.(h/rel)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]