RAZIA BBPOM DI PADANG DAN BUKITTINGGI

Tiga Merek Sarden Positif Mengandung Cacing


Selasa, 03 April 2018 - 02:44:28 WIB
Tiga  Merek Sarden Positif Mengandung Cacing SEGEL SARDEN – Kasi Pengawasan BBPOM Sumbar, Meylisa menyegel ikan tujuh kaleng merek Botan di Swalayan Hokki Store, Senin (2/4). YURSIL

PADANG, HALUAN - Terkait pemberitaan yang marak mengenai peredaran ikan sarden kemasan yang mengandung cacing, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) mulai melakukan penyisiran disejumlah daerah yang ada di Sumbar. Data sementara yang diperoleh Haluan, Senin (2/4) ditemukan tiga merek dari 27 merek positif mengandung cacing di Kota Bukittinggi.

                

Baca Juga : Dugaan Penyelewengan Dana Covid di Sumbar, Darul Siska: Harus Usut Tuntas

Ketiga merek tersebut yaitu Botan kecil sebanyak 145 kaleng, Gaga 18 kaleng dan ABC sebanyak dua karton. Semuanya ditemukan di Ramayana Bukittinggi, Niagara Swalayan dan tempat lainnya.

 

Baca Juga : Pelantikan Pemuda Dewan Da’wah Solsel, Jimmi: Gencarkan Dakwah di Medsos, Berantas Hoaks

Kepala BBPOM Padang, Martin Suhendri menyebutkan, jumlah tersebut belum totalnya. Karena, ada beberapa team yang melakukan penertiban di Kota Padang dan Kota Bukittinggi.

 

Baca Juga : Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Endrizal menyebutkan, dengan kasus yang sedang terjadi tersebut pihaknya akan melakukan pengawasan khusus. Mulai dari bergabung dengan BBPOM untuk penertiban hingga melakukan pengawasan rutin.

 

Baca Juga : Hutama Karya Tegaskan Tidak Ada Penghentian Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Hanya...

“Sebenarnya pengawasan kita lebih kepada ekspayernya, namun secara teknisnya tentu oleh BBPOM. Jika sudah ditemukan begini maka pengawasannya lebih khusus. Selain pemeriksaan ke distributor-distributor akan dilanjutkan ke pasar-pasar,” terang Endrizal.

 

 

Tujuh Kaleng Sarden Positif Mengandung Cacing

 

Pantauan Haluan, BBPOM Sumbar mendatangi sejumlah swalayan dan minimarket yang ada di Kota Bukittinggi untuk memeriksa dan menyegel peredaran ikan kaleng kemasan. Di Swalayan Hokki Store Jalan Soekarno Hatta, tim dari BBPOM Sumbar disambut oleh pegawai Hokki Store, selanjutnya mereka mempersilahkan tim melihat dan mengecek ikan kaleng yang berjejer di rak-rak toko.

 

Satu persatu tim memeriksa ikan kaleng yang diduga mengandung cacing. Namun tidak ditemukan ikan kaleng yang mengandung cacing. Selanjutnya, tim meminta petugas Hokki Store menunjukkan gudang tempat menyimpan ikan kaleng.

 

Di dalam gudang penyimpanan tidak terlalu banyak stock ikan kaleng, tim dengan teliti melihat dan mengecek satu persatu label ikan kaleng yang tertera. Ternyata, ditemukan 6 kaleng kecil ikan kaleng merek Botan dan 1 kaleng besar merek Botan. Selanjutnya, tim menyegel ikan tersebut dan menyerahkan lagi kepada pegawai Hokki Store untuk disimpan.

 

Kasi Pemeriksaan BBPOM Sumbar, Meylisa mengatakan, hasil pemeriksaan produk ikan kaleng di sejumlah swalayan dan distributor di Bukittinggi memang ditemukan ikan kaleng yang mengandung cacing. Namun menurutnya, ikan kaleng yang mengandung cacing itu telah ditarik dan diamankan oleh pihak swalayan maupun distributor.

 

“Jadi ada waktu satu bulan bagi distributor untuk menarik produknya, selanjutnya diserahkan kepada distributor besar untuk dimusnahkan,” kata Meylisa kepada Haluan di Swalayan Hokki Store.

 

Ia mengimbau masyarakat untuk tidak mencap seluruh ikan kaleng mengandung cacing karena masih ada merek lain yang memenuhi syarat untuk di konsumsi. Secara kasat mata jelasnya, setelah dibuka akan terlihat produk mana yang tidak layak konsumsi. Namun untuk lebih jelasnya dapat dilihat melalui mickroskop.

 

“Saya mengimbau masyarakat untuk membeli ikan kaleng di toko-toko resmi dan coba dicek juga izin edarnya serta kemasannya,” ulasnya.

 

Selain itu tambahnya, BPOM selalu melakukan pengawasan dengan cara membeli sampel produk yang beredar di pasaran. Jika seandainya ada produk yang tidak layak konsumsi otomatis instansinya akan menarik produk tersebut dipasaran. (h/win/ril)

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]