PENYIDIKAN DI KLHK TUNTAS

Praperadilan Wabup Pessel Kembali Ditolak


Selasa, 03 April 2018 - 22:10:49 WIB
Praperadilan Wabup Pessel Kembali Ditolak Kawasan Mandeh

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Praperadilan kedua yang didaftarkan Wakil Bupati Pessel ke Pengadilan Jakarta Pusat ditolak hakim. Penolakan ini sekaligus mengandaskan perjuangan orang nomor dua di Pessel itu untuk melepaskan status tersangkanya yang disematkan penyidik Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Ditjen Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam kasus dugaan pengerusakan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Mandeh.

Kandasnya praperadilan Rusma disampaikan Kasubdit Gakkum KLHK, Shaifuddin Akbar. Bahkan, setelah praperadilan dinyatakan ditolak, penyidik langsung menyerahkan berkas Rusma ke jaksa peneliti Kejaksaan Agung (Kejagung).

Baca Juga : Pemerintahan Joe Biden Tuding Putra Raja Salman Dalang Pembunuhan Jurnalis AS

“Upaya praperadilan kedua yang dilakukan oleh tersangka sudah ditolak hakim beberapa waktu yang lalu. Setelah penolakan, berkas kasusnya segera dikirimkan penyidik ke jaksa peneliti,” terang Shaifuddin ketika dihubungi Minggu (1/4) malam.

Dituturkan Shaifuddin, berkas yang dikirimkan dinyatakan lengkap oleh pihak kejaksaan.

Baca Juga : Prediksi WHO, Corona Berakhir Awal 2022

“Berarti tidak ada masalah lagi. Tinggal proses tahap dua. Penyerahan barang bukti dan tersangka ke kejaksaan, untuk kemudian tugas jaksa lagi membuat dakwaan dan melakukan penuntutan. Pekerjaan penyidik sudah tuntas untuk tahap pertama,” papar Kasubdit Gakkum.

Rusma Yul Anwar disangka melanggar Pasal 98 dan Pasal 109, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dia dituding melakukan usaha atau kegiatan yang tidak memiliki izin lingkungan di KWT Mandeh. Selain Rusma, sejumlah orang juga diduga melakukan hal yang sama, namun belum ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik.

Baca Juga : Pemerintah Irak Bersiap Sambut Kunjungan Paus Fransiskus

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]