SIMPOSIUM HASILKAN REKOMENDASI UNTUK PEMERINTAH

Yenti Gunarsih Jabat Ketua Mahupiki


Kamis, 05 April 2018 - 08:46:00 WIB
Yenti Gunarsih Jabat Ketua Mahupiki DARI kiri ke kanan, Prof. Elwi Danil, Andrea H Poeloengan, Yenti Gunarsih, Kanaan Effendi, Prof. Nandang Sambas, dan Prof. Syaiful Bakhri, berjabat tangan usai Munas Mahupiki 2018 di Padang, Rabu (4/4). JULI ISHAQ

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pakar hukum dari Universitas Trisaksi Yenti Gurnasih, terpilih sebagai Ketua Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi (Mahupiki) periode 2018-2022, menggantikan Guru Besar Emeritus Universitas Padjajaran Romli Atmasasmita. Dalam musyawarah mufakat peserta Munas Mahupiki, Yenti menyisihkan calon kuat lain seperti Prof. Syaiful Bakhri, Andrea H Poeloengan, dan Kana’an Effendy.

Musyawarah Nasional Mahupiki digelar usai dua hari pelaksanaan Simposium Nasional bertema Revitalisasi Hukum Pidana Adat dan Kriminologi Kontemporer di Hotel Grand Inna Padang, yang diselenggarakan Bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Andalas bekerja sama dengan Mahupiki. Ratusan ahli hukum pidana, kriminolog, dan praktisi hukum hadir sebagai peserta dalam agenda tersebut.

Sebelum pemilihan dilakukan secara musyawarah mufakat, beberapa bakal calon digadang-gadang sebagai pengganti Romli Atmasasmita. Sebut saja, Elwi Danil, Nandang Sambas, Yenti Ganarsih, Basir Rohmana, Kanaan Effendy, Andrea H Poeloengan, Chairul Huda, Syaiful Bakhri, Edi Warman, Mahmud Mulyadi, Pujiono, Nyoman Nurjaya, dan Soepanto.

Namun, setelah dilakukan musyawarah bersama seluruh peserta Munas, beberapa bakal calon memilih mundur dari pengusungan, sehingga menyisakan empat nama terkuat. Setelah musyawarh kembali dilanjutkan, peserta munas sepakat mengangkat Yenti Ganarsih sebagai Ketua Mahupiki Periode 2018-2023.

Dalam sambutannya selaku ketua terpilih, Yenti Gunarsih menjanjikan Mahupiki yang lebih baik di bawah kepemimpinannya. Meskipun, ia tidak menampik bahwa Mahupiki di bawah kepemimpinan Romli Atmasasmita sudah berjalan dengan sangat baik. “Saya tidak berniat sama sekali. Meski pun di bawah Prof Romli Mahupiki sangat baik, tentu saya harus optimis dan berani bersama rekan-rekan sekalian, untuk menjadikan Mahupiki yang lebih baik ke depan. Semoga kita dapat semakin memberikan sesuatu untuk pengembangan praktik dan kurikulim hukum pidana di Indonesia, dan membangun jaringan di dunia internasional terkait perkembangan hukum pidana dan kriminologi,” katanya dalam sambutan.

Ia juga berjanji akan menjadikan Mahupiki sebagai wadah yang sangat terbuka, bagi pemikiran-pemikiran hukum pidana dan kriminologi. Hal itu pun senada dengan harapan Romli Atmasasmita selaku ketua periode sebelumnya, yang berharap Mahupiki semakin profesional sebagai organisasi tempat bernaung para ahli pidana, kriminolog serta praktisi hukum.

Selain dipimpin oleh ketua baru, Simposium Nasional dan Munas Mahupiki juga menghasilkan rekomendasi terkait perkembangan hukum pidana dan kriminolog, yang kemudian akan diajukan kepada pemerintah sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan.





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM