Anggaran Puluhan Juta, Kunjungan DPRD Kota Padang ke Belanda Jadi Sorotan


Kamis, 05 April 2018 - 08:48:45 WIB
Anggaran Puluhan Juta, Kunjungan DPRD Kota Padang ke Belanda Jadi Sorotan Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kunjungan kerja ke luar negeri yang dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Padang ke Negeri Kincir Angin, Belanda mendapat sorotan. Mereka menilai kunjungan ini hanya seremonial semata tanpa ada hasil yang konkret selepasnya.

Salah satunya dari Dosen Universitas Islam (UIN) Imam Bonjol Padang, M Taufiq. Menurutnya, kunjungan yang dilakukan DPRD Kota Padang ke Belanda perlu dipertanyakan. Karena kalau hanya kunjuangan tentang kearsipan Kota Padang, banyak tempat lain yang berkompeten dikunjungi, tanpa harus ke Belanda.

Baca Juga : Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara

“Tetapi kalau menyangkut kebijakan, seperti adanya MoU dan sebagainya sah saja, namun juga harus kita lihat followup-nya bagaimana selepas dari sana,” katanya kepada Haluan kemarin di Padang.

Terkadang, lanjut Taufig, banyak hal yang dilakukan untuk melegalkan pengeluaran keuangan negara, apakah itu dengan dalih studi banding, MoU dan sebagainya. Namun, masyarakat tidak mengetahui dampaknya seperti apa terhadap kunjungan tersebut.

Baca Juga : Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet

“Kadang kita sering tertipu dengan hal seperti itu, kunjungan yang dilakukan hanya sebagai salah satu cara saja. Namun, kalau memang konkrit hasilnya tentu tidak masalah, malahan kita sangat mendukung,” ujarnya.

Akan tetapi, beberapa waktu belakangan ini muncul pesimisme dari masyarakat bahwa kunjungan keluar negeri itu hanya sekedar serimonial semata. Namun tidak terlihat hasil dari apa yang dilakukan wakil rakyat tersebut keluar negeri. “Apalagi, setiap tahunnya kunjungan ini dianggarkan, kalau dianggarkan berarti harus dihabiskan,” katnya.

Baca Juga : Musibah di Jumat Petang, Empar Rumah Hangus Terbakar

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]