Kecamatan Lima Kaum, Aktifkan Gerakan Subuh Berjamaah


Jumat, 06 April 2018 - 09:25:45 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kecamatan Lima Kaum, Aktifkan Gerakan Subuh Berjamaah Afrizal Camat Lima Kaum saat mengikuti didikan subuh bersama minggu yang lalu. IST

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Kecamatan Lima Kaum laksanakan gerakan subuh berjamaah dan Didikan Subuh gabungan se Kecamatan Lima Kaum di Masjid Nurul Huda Silabuak. Afrizal camat lima Kaum menyampaikan apresiasi dan kebanggaan kepada masyarakat masyarakat yang telah menjadikan kampung halamannya sebagai Kampung Religi.

Afrizal berharap, ditetapkan dan dicetuskannya pada tahun lalu Kecamatan Lima Kaum sebagai kampung religi atau sebagai kampung Islami, tentu masyarakatnya memang melaksanakan syariat agama Islam dalam sela kehidupannya sehari-hari.

“Semoga kampung Islami ini menjadi kampung betul-betul madani diterangi cahaya Islam, dimana tingkat sosial dan kepedulian antara sesama masyarakatnya lebih tinggi, sehingga tidak ada permasalahan yang tidak terselesaikan di jorong ini. Kampung Islami ini jangan hanya sekedar nama saja,” ujarnya.

Kepada masyarakat se-Kecamatan yang berkesempatan hadir, Afrizal menghimbau untuk mengadopsi dan meniru kegiatan seperti ini untuk dilaksanakan di nagarinya masing-masing.

“Tidak ada salahnya para Wali Nagari yang lain meniru untuk kebaikan dan tentu kepada nagari minimal ada 1 Jorong mempunyai kampung Islami, kemudian secara bertahap tentu akan berkembang dan akhirnya tentu 5 nagari bisa melaksanakannya, sehingga tentu saja Tanah Datar yang madani dapat kita capai,” harap Afrizal

Afrizal menambahkan, pemerintah Kabupaten Tanah Datar sangat mendukung kegiatan yang positif apalagi mengenai keagamaan. Saat ini Bupati Irdinansyah dan Wabup Zuldafri Darma sangat konsentrasi dan menggerakkan masyarakat untuk lebih menggiatkan kegiatan keagamaan ditengah-tengah masyarakat.

“Pemerintah Daerah sedang menggiatkan untuk menciptakan Hafizh dan Hafizah di Tanah Datar, dan untuk memotivasi anak-anak kita, Pemda bekerjasama dengan perantau memberikan berbagai reward atau penghargaan. Salah satunya yang menjadi terbanyak hafal Al Quran akan diberikan reward untuk ibadah Umrah ke Makkah,” sampainya.

Diakhir sambutan menekankan dibawah kepemimpinan Irdinansyah dan Zuldafri Darma pembangunan tidak hanya fisik saja namun juga mental dan spiritual ditingkatkan. "Kami sangat berterima kasih atas dukungan Bupati dan Wakilbupati dengan program yamg kami jalankan," tukasnya.

Sementara itu pengurus masjdi Nuruk Huda Silambuak memaparkan, sangat berterima kasih karena jorongnya sudah dipilih camat lima Kaum dalam kegiatan keagamaan seperti ini. Hal ini selain meramaikan kampungnya, juga bisa menjadi motivasi bagi anak-anak agar mau belajar mrngaji dan sholat berjamaah.

"Saya sqngat terharu dengan sikap yang ditunjukan Camat Afrizal kepada warganya," tambahnya lagi.

Sebelumnya, melihata masyarakat Koto Gadih sangat antusias dan mendukung untuk menjadikan daerahnya menjadi kampung Islami. Dirinyapun selakpengurus masjid pingin masjidnya dijadikan pusat keagamaan minimal di jorongnya sendiri. “Antusias masyarakat dan dukungan Wali Nagari serta Pak Camat membuat kami sangat bersemangat untuk menjadikan jorong ini sebagai kampung Islami,” sampainya.

Secara terpisah Hendri Dunan menyampaikan, kampung religi ini tidak hanya menangani masalah keagamaan saja namun juga masalah sosial dan ekonomi masyarakat. “Lima Kaum merupakan pusat kegiatan masyarakat, fenomena sosial negatif tidak terhindarkan, sehingga diharapkan dengan kampung Islami ini, hal itu bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan,” katanya. (h/rul)

 

 

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 Desember 2017 - 21:00:10 WIB

    MTQ Nasional Ke-2 Tingkat Kecamatan Lima Kaum Resmi Dibuka

    MTQ Nasional Ke-2 Tingkat Kecamatan Lima Kaum Resmi Dibuka TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM--Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma membuka secara reami MTQ Nasional Ke -2 tingkat Kecamatan Lima Kaum, di Nagari Baringin, Jumat (8/12). MTQ tersebut akan diikuti lima kontingen dari selu.
  • Sabtu, 29 April 2017 - 02:55:55 WIB
    WAKILI AGAM PENILAIAN TINGKAT PROVINSI

    Lima Kecamatan Cakap Ketahanan Pangan

    AGAM, HALUAN - Lima kecamatan mewakili Kabupaten Agam pada Penilaian Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Wilayah yang dinilai merupakan kecamatan yang cakap dalam ketahanan pangan..
  • Senin, 23 Januari 2017 - 11:11:55 WIB

    Jeritan Warga yang Meniti Jembatan Lapuk di Kecamatan Sutera

    Jeritan Warga yang Meniti Jembatan Lapuk di Kecamatan Sutera PAINAN, HALUAN - Lagi-lagi persoalan jembatan rusak, yang saat ini menjadi masalah serius oleh masyarakat. Keberadaan suatu jembatan sebagai akses penghubung antar daerah, tentu sangat diperlukan oleh masyarakat ketika mengan.
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:03:15 WIB

    300 Ribu Ekor Ikan Ditebar di Empat Kecamatan

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 300 ribu ekor bibit ikan kembali dilepas di kawasan perairan umum yang ada di empat kecamatan di Kota Sawahlunto melalui program restocking..
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:18:19 WIB

    Talawi jadi Kecamatan Layak Anak Tahun 2016

    Talawi jadi Kecamatan Layak Anak Tahun 2016 SAWAHLUNTO, HALUAN — Talawi tampil menjadi Kecamatan Layak Anak Kota Sawahlunto 2016. Pemenuhan hak-hak anak menjadi prioritas utama Kecamatan Talawi dalam mewujudkan amanah yang disandangnya..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM