Palanta Mediasi, Cara ‘Adat’ Polisi Padang Selesaikan Masalah


Jumat, 06 April 2018 - 20:14:59 WIB
Palanta Mediasi, Cara ‘Adat’ Polisi Padang Selesaikan Masalah Kapolresta Padang AKBP Yulmar Try Himawan saat berdiskusi dengan Pemimpin Umum Haluan, Zul Efendi kantor Harian Haluan, di Padang, Jumat (6/4).

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Tingginya laporan masyarakat kepada pihak kepolisian terkait kasus yang dianggap “ringan” membuat Polresta Padang menjalankan program Palanta Mediasi.

Dengan program Palanta Mediasi, polisi bisa melakukan mediasi antara pelapor dan terlapor dalam kasus tersebut. Hal itu juga masuk dalam konsep restorative justice.

Baca Juga : Mahyeldi Naik Jadi Gubernur Sumbar, Siapa Pengganti Wali Kota Padang?

“Di Palanta Mediasi ini, kami bisa melakukan mediasi hingga kasus itu tidak perlu sampai ke pengadilan. Contoh kasus pencemaran nama baik, pencurian dalam rumah tangga, dan beberapa kasus ringan lainnya. Tapi tidak bagi kasus narkoba,” terang Kapolresta Padang AKBP Yulmar Try Himawan saat berkunjung ke kantor Harian Haluan, di Padang, Jumat (6/4).

Dijelaskannya, Palanta Minang direncanakan ada di setiap polsek-polsek. Mediasi juga melibatkan berbagai pihak seperti ninik mamak, tokoh agama, adat dan tokoh lainnya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 26 Februari 2021

Mantan Wadir Narkoba Polda Sumbar itu menyampaikan, Palanta Mediasi juga memfasilitasi para pengguna narkoba yang ingin direhabilitasi.

“Bagi keluarganya yang pecandu narkoba bisa datang, dan itu ada anggarannya. Waktu saya di polda, pernah ada yang datang, dan kami bantu bahkan kami rehab ke Makasar. Tapi jangan sampai ke tangkap dulu baru ingin direhab, ini beda lagi,” papar mantan Kapolres Langkat dan Asahan, Provinsi Sumatera Utara itu.

Baca Juga : Sosok Pengusaha Batu Bara Perempuan Asal Sumbar, Mulai Bisnis dari Umur 18 Tahun

Yulmar berharap, dengan adanya program tersebut masyarakat dapat mengerti tentang peranan polisi, tokoh masyarakat dalam melayani dan menyelesaikan masalah.

“Seperti kata pepatah minang, indak ado kusuik nan indak bisa disalasaikan,” tuturnya. (h/rvo)

Baca Juga : Wujudkan GCG, Perumda AM Kota Padang Kunjungi BPKP Sumbar

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]