2019, Pelabuhan Labuan Bajau Mentawai Dibangun


Senin, 09 April 2018 - 02:25:22 WIB
2019, Pelabuhan Labuan Bajau Mentawai Dibangun EDI SUKARNI

MENTAWAI, HALUAN — Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Edi Sukarni mengatakan, jika tidak ada aral melintang, tahun 2019 mendatang, di daerah ini akan dibangun Pelabuhan Labuan Bajau, di Kecamatan Siberut Utara.

“Tahun ini sedang dilakukan pembersihan lahan (land clearing) di lokasi melalui swadaya masyarakat,” sebutnya.

Baca Juga : Dilepas Ketua DPRD Agam, Jenazah Syafrizal Diantar ke Pandam Pemakaman Keluarga

Ia mengatakan, sedikitnya pekerjaan land cleaning tersebut memakan biaya Rp400 juta yang dikucurkan dari APBD Mentawai tahun 2018.

"Rencana pembangunan pelabuhan di Labuan Bajau ini sudah kita masukan di e-planning Pusat dan rencananya tahun 2019 akan dilakukan pengerjaannya melalui anggaran pusat," terangnya.

Baca Juga : Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Mencapai 94,04 %

Selain pelabuhan Labuan Bajau, ia menyebut ada beberapa pelabuhan yang akan diusulkan untuk masuk ke dalam e-planning secara bertahap, seperti Pelabuhan Mabukkuk di Kecamatan Siberut Barat Daya, Pelabuhan Subelen di Kecamatan Siberut Tengah dan pelabuhan Sao di Kecamatan Sipora Selatan.

"Pembangunan Pelabuhan Mabukkuk saat ini baru studi kelayakan. Rencana pembangunan Pelabuhan Subelen sedang mengganti lokasi yang strategis dimana lokasi sebelumnya dinilai belum cocok, kemudian rencana Pelabuhan Konektivitas Pulau Sipora dengan Pulau Sikakap, Kecamatan Pagai Utara direncanakan akan dibangun di Sao," paparnya

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah 87 Kasus

Sementara itu untuk mendukung transportasi laut, pihaknya juga sudah mengusulkan ke pusat untuk menambah kapal sejenis Roro dengan kapasitas GT 300-500.

Selain pelabuhan laut tahun tahun 2019 nanti dikatakannya akan berjalan pembangunan Badar Udara Rokot, yang saat ini pihak terkait sedang melakukan pengkajian Analisa Dampak Lingkungan (Amdal). (h/mg-red)

Baca Juga : Besok Dilantik, Gubernur Sumbar Terpilih Mahyeldi Jalani Swab Test di RS Bunda Jakarta

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]