Uang Proyek Dialihkan, Terdakwa Rp62,5 Miliar Pakai SK Gubernur Sumbar


Selasa, 10 April 2018 - 11:26:03 WIB
Uang Proyek Dialihkan, Terdakwa Rp62,5 Miliar Pakai SK Gubernur Sumbar Dokumentasi Haluan

Pemindahan uang miliar rupiah dari Bank Nagari ke Bank Mandiri menjadi titik krusial dalam kasus dugaan korupsi Surat Pertanggungjawaban (SPj) fiktif senilai Rp62,5 miliar. Yusafni Ajo, terdakwa dalam kasus ini berperan sebagai orang yang memindahkan uang, dengan landasan sejumlah surat, termasuk Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Persoalan pemindahan uang ini diungkap Costumer Service Officer (CSO) Bank Mandiri KC Padang Taman Melati, Rianti Nova dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor Padang, Senin (9/4).

Baca Juga : Sri Mulyani: Joe Biden Bawa Harapan Pemulihan Ekonomi Dunia

SK Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno yang dibawa oleh Yusafni itulah yang akhirnya menjadi alasan persetujuan pembukaan rekening oleh pihak bank.

Dijelaskan Rianti, rekening yang dibuka Yusafni adalah non perorangan kategori bisnis government. Rekening itu jadi wadah penampungan anggaran kegiatan pengadaan pembebasan lahan dengan speciment hanya atas nama Yusafni.

Baca Juga : Pelantikan Presiden AS, Jokowi Ucapkan Selamat pada Joe Biden

"Tahun 2012 ada pembukaan rekening yang dilakukan langsung oleh Yusafni, kami mengizinkan pembukaan rekening karena adanya Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang penetapan Yusafni sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sebagai lampiran. Juga ada surat kuasa Suprapto selaku Kadis Prasjaltarkim kala itu,” terang Rianti Nova di hadapan majelis hakim.

Yusafni Ajo diketahui pernah dua kali membuka rekening Bank Mandiri, dan memindahkan uang puluhan miliar dari Bank Nagari. Selain tahun 2012, Yusafni juga membuka rekening pada tahun 2015. Serupa dengan yang pertama, landasannya juga sama. Rekening itu untuk penampungan uang kegiatan.

Baca Juga : Joe Biden Wajibkan Pemakaian Masker di Semua Gedung Federal

“Jumlah transaksi pembukaan rekening miliaran rupiah. Saya lupa angka pastinya. Yusafni berkali-kali melakukan transfer dari rekening Bank Nagari ke rekening Bank Mandiri. Selanjutnya banyak transaksi yang dilakukan Yusafni, dan juga ada beberapa pembukaan rekening atas nama Elia Harmonis dan Nasrizal," kata Rianti.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]