Blue Bird Padang Tak Takut Bersaing dengan Angkutan Daring


Rabu, 11 April 2018 - 13:50:28 WIB
Blue Bird Padang Tak Takut Bersaing dengan Angkutan Daring Aplikasi Blue Bird

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Blue Bird meluncurkan aplikasi pemesanan taksi melalui ponsel android pada 3 Februari 2018 di Padang. Dengan aplikasi bernama My Blue Bird itu, perusahaan taksi berwarna biru tersebut tidak takut bersaing dengan transportasi dalam jaringan (daring/online). Namun, sejak aplikasi itu diluncurkan, penggunanya masih sedikit dibandingkan pemesan taksi melalui kantor informasi (call center).

Kepala Cabang Blue Bird Padang, Yulius Hari Cahyo, mengatakan, pihaknya tidak takut bersaing dengan perusahaan transportasi daring di Padang karena Blue Bird memiliki beberapa kelebihan. Ia menyebutkan, kelebihannya, taksi Blue Bird bisa dipesan melalui kantor informasi, aplikasi, pangkalan, dan bisa dihentikan di jalan.

Baca Juga : Emas Antam Turun Rp5.000, Jadi Rp 918 Ribu per Gram

“Pembayarannya pun bisa tunai dan bisa juga online. Jadi, Blue Bird memberikan banyak pilihan untuk kemudaha masyarakat dalam memilih alat transportasi,” ujarnya di Kantor Blue Bird Padang, Jalan By Pass KM 13, Padang, persisnya di sebelah Kantor Badan Pusat Statistik Padang, baru-baru ini.

Mengenai tanggapan konsumen Blue Bird terhadap My Blue Bird, Hari mengutarakan, pelanggan merespons aplikasi itu dengan baik dan menilainya positif karena memudahkan pelayanan kepada pengguna Blue Bird dalam hal pemesanan taksi serta dalam menjawab persaingan angkutan transportasi yang makin ketat pada era teknologi saat ini.

Baca Juga : Pasar Keuangan Indonesia Merah Membara: Rupiah Keok, IHSG Rontok, Emas Pegadaian Merosot

“Keuntungan menggunakan aplikasi ini ada pada customer karena aplikasi ini dibuat sebagai alat untuk memudahkan customer untuk memesan taksi secara cepat dan mudah. Customer pun bisa selalu memonitor posisi taksi pesanannya dengan lebih jelas,” tutur Hari.

Namun, angka pemesanan taksi melalui My Blue Bird di Padang masih kalah dibandingkan angka pemesanan melalui kantor informasi. Hari mengatakan, 40 persen pengguna Blue Bird memesan taksi melalui aplikasi, sedangkan 60 persen lagi melalui kantor informasi.

Baca Juga : Pagi Ini Nilai Tukar Rupiah Stagnan di Rp 14.260/US$

“Agar pengguna aplikasi My Blue Bird di Padang lebih banyak, kami melakukan promo di mal, car free day, kafe, dan di beberapa tempat keramaian lainnya dengan menyebarkan brosur,” ucapnya.

Terkait dengan tarif, Hari menginformasikan, saat ini, tarif Blue Bird sebesar Rp7.700 per buka pintu dan Rp4.300 per kilometer.

Baca Juga : Turun 6%, Harga Emas Drop di Bawah US$ 1.700

Pada peluncuran My Blue Bird di Padang pada Februari, Kacab Blue Bird Padang yang lama, Achmad Suhandi, mengatakan, aplikasi itu memiliki kelebihan karena menjaga identitas konsumen.

"Ketika nanti ada konsumen yang telah menggunakan jasa melalui aplikasi, data di aplikasi, seperti nama dan nomor telepon akan hilang otomatis. Kami menjaga privasi konsumen," ujarnya. (h/dib)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]