DPRD Anggap Jadwal Musrenbang Sumbar Janggal


Kamis, 12 April 2018 - 10:49:57 WIB
DPRD Anggap Jadwal Musrenbang Sumbar Janggal Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM –  Anggota Komisi V DPRD Sumbar Achiar menyayangkan adanya ketidaksesuaian jadwal antara pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Provinsi Sumatera Barat dengan jadwal anggota DPRD. Musrembang dilaksanakan saat seluruh dewan sedang melaksanakan kunjungan ke luar daerah.

Disebut Achiar, tidak adanya dewan yang menghadiri Musrembang akan mempengaruhi pembangunan kabupaten/kota. Sebab anggota dewan adalah yang paling mengetahui karakteristik daerah pemilihan mereka masing-masing.

Baca Juga : Diharapkan Jadi Rumpon Ikan, Kapal Ikan Asing Ilegal Ditenggelamkan

"Mestinya Musrembang dihadiri oleh dewan agar pembangunan berjalan maksimal. Tapi dengan kondisi sekarang, jadwalnya berbenturan. Jadwal kunjungan dewan sudah diatur oleh Badan Musyawarah (Bamus) yang diketahui oleh Pemprov. Seharusnya disesuaikan. Kita menyayangkan ketidaksesuaian ini, " ujarnya, Rabu (11/4).

Ia melanjutkan, adanya ketidaksesuaian jadwal Musrembang yang diagendakan Pemprov dengan jadwal DPRD bisa menjadi pertanyaan bagi kalangan dewan.

Baca Juga : Demonstran Kompak Desak Kejati Usut Sejumlah Kasus Dugaan Korupsi

“Apakah pemerintah daerah ini tidak memberikan ruang untuk anggota dewan memaksimalkan pembangunan di daerah pemilihan masing-masing? Pertanyaan ini tentu muncul karena kejanggalan dalam penyesuaian jadwal Musrenbang,” papar Achiar.

Dituturkannya juga, adanya Musrenbang merupakan langkah awal arah pembangunan daerah, sebelum menjadi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) provinsi untuk beberapa tahun ke depan. Mestinya anggota DPRD dilibatkan dalam kegiatan itu. Musrenbang, harus dihadiri oleh dewan karena menurut tupoksinya, dewan harus andil dalam memperjuangkan daerahnya.

Baca Juga : Kapal Asing Pencuri Ikan Ditenggelamkan, Perkakasnya Jadi Rebutan Nelayan

“Jika dewan tidak diikutsertakan, seolah pemerintah daerah tidak butuh peranan wakil rakyat yang telah dipilih masyarakat,” ucapnya.

Ia tak menampik, saat Musrenbang Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim hadir. Namun menurut dia akan lebih baik para anggota dewan yang lain juga mendapat kesempatan untuk hadir.

Baca Juga : Diduga Turut Korupsi, Seorang Tenaga Pendamping Kelurahan Buron

Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan yang menghadiri Musrenbang Provinsi Sumbar Selasa (10/4), mengatakan, pokok-pokok pikiran anggota DPRD Sumbar harus dijadikan salah satu acuan bagi pembangunan daerah. Dalam hal ini Hendra mengimbau Pemprov agar melakukan percepatan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan perekonomian daerah, kemudian mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.

DPRD Harusnya Menyesuaikan

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumbar Hansastri mengatakan, seharusnya Anggota DPRD Sumbar mengetahui bahwa Musrenbang telah dijadwalkan sejak lama, sesuai dengan ketetapan dalam Peraturan Gubernur (Pergub). Dengan demikian, seharusnya para anggota dewan tidak mengagendakan kegiatan lain.

“Lagi pula, sebelumnya telah dilakukan Pra Musrenbang yang dihadiri hampir seluruh anggota dewan. Saat itu, semua masukan dari konstituennya telah diakomodir. Walau tidak hadir, aspirasinya kan sudah ditampung melalui Pra Musrenbang di Bukittinggi. Pada Musrenbang, memang hanya Ketua DPRD saja yang datang,” kata Hansastri.

Hansastri malah menilai, mungkin ada pertimbangan lain para anggota dewan, sehingga memutuskan tidak mengikuti Musrenbang sesuai jadwal yang disepakati, dan lebih memilih melakukan kunjungan ke luar daerah yang juga sudah terjadwal di Kantor DPRD Sumbar. “Sejak awal penjadwalan Musrenbang telah dilakukan melalui Pergub. Semuanya juga diundang kok, tapi mereka tidak hadir mungkin karena pertimbangan lain,” tukasnya. (h/len/isq)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]