Kasus Gizi Buruk di Mentawai Turun


Kamis, 12 April 2018 - 11:31:54 WIB
Kasus Gizi Buruk di Mentawai Turun Ilustasi/Haluan

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM – Kasus gizi buruk di Kabupaten Mentawai dari tahun ke tahun mulai turun. Pasalnya, beberapa tahun lalu, angka gizi buruk di Mentai tercatat sebanyak 80 kasus, namun tahun ini, jumlah tersebut turun menjadi 40 kasus.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar disela-sela penandatanganan kesepakatan perjanjian kerja antara 12 Kepala Puskesmas (Kapus) yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan Dinas Kesehatan Mentawai, Rabu (11/04) di Kantor Dinkes Mentawai.

“Selain kasus gizi buruk yang turun, kasus malaria juga menurun dimana sebelumnya tercatat 6 kasus, sekarang berada diangka 3. Dengan demikian malaria dikategorikan sedang,” sebutnya.

Untuk angka kematian ibu melahirkan, lanjutnya, tahun 2015 tercatat sembilan orang, 2016 enam orang dan tahun 2017 enam orang. Sementara angka kematian bayi dari tahun 2017 tercatat 11 orang, lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet pada sambutannya meminta pelayanan kesehatan terhadap masyarakat harus ditingkatkan, terlebih kepada masyarakat yang berada di pelosok Mentawai.

"Pelayanan kesehatan harus ditingkatkan, ini komitmen, kalau ada masyarakat miskin dari pedalaman yang perlu penanganan langsung ditangani, jangan urus prosedur dulu baru ditangani," tegasnya.

Ia mengatakan, perjanjian kerja merupakan cara untuk berkomitmen guna melaksanakan tugas profesi dengan baik, tetapi yang paling penting dampak dari kinerja baik bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Jadi kalau petugas bekerja dengan baik, endingnya dampak kesehatan terhadap masyarakat langsung bisa dirasakan," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, target kesehatan sesuai visi-misi yang dituangkan dalam 10 Dasa Cita Mentawai, salah satunya yaitu Mentawai sehat, dengan target menaikkan angka indeks kesehatan di Bumi Sikerei dan menurunkan angka beberapa penyakit seperti Malaria, Tuberculosis (TB) dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi melahirkan.

"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Mentawai sudah naik sekarang 58. Dengan demikian, kondisi kesehatan juga semakin membaik, target kita saat ini adalah angka penyakit dan kematian ibu dan bayi melahirkan bisa menurun," pungkasnya. (h/mg-red/hel)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 11 Januari 2019 - 16:23:13 WIB

    Kasus Gigitan Hewan Rabies Meningkat di Agam

    Kasus Gigitan Hewan Rabies Meningkat di Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pertanian Kabupaten Agam, menyatakan kasus gigitan hewan penular rabies di daerah itu meningkat dari 143 kasus pada 2017 menjadi 210 kasus 2018..
  • Kamis, 22 November 2018 - 14:27:51 WIB

    76 Kasus di Kota Pariaman, Kasus Demam Berdarah Masih Tinggi

    76 Kasus di Kota Pariaman, Kasus Demam Berdarah Masih Tinggi PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) di Kota Pariaman dipenghujung tahun 2018 ini terbilang cukup tinggi. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Pariaman, kasus DBD di akhir bulan Oktober saja terca.
  • Kamis, 12 April 2018 - 22:44:29 WIB

    Kasus DBD di Kota Pariaman Meningkat

    Kasus DBD di Kota Pariaman Meningkat PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kasus penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pariaman pada triwulan I tahun 2018 ini terbilang naik dibandingkan triwulan I tahun 2017 lalu. Triwulan I tahun 2017 hanya ada 16 kas.
  • Kamis, 08 Februari 2018 - 15:06:01 WIB

    2017, 5 Kasus HIV di Payakumbuh Berasal dari LSL

    2017, 5 Kasus HIV di Payakumbuh Berasal dari LSL PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Lelaki Seks dengan Lelaki atau LSL menjadi media yang lebih berpotensi tertular HIV/AIDS. Dari 15 kasus baru HIV pada tahun 2017 di Payakumbuh, 5 diantaranya adalah LSL. LSL dianggap menjadi fak.
  • Selasa, 06 Februari 2018 - 21:44:33 WIB

    Kasus HIV/AIDS Meningkat di Tanah Datar

    Kasus HIV/AIDS Meningkat di Tanah Datar TANAH DATAR,  HARIANHALUAN.COM--Kasus penderita HIV AIDS di Kabupaten Tanah Datar terus meningkat. Dari data Dinas Kesehatan Tanah Datar, sejak 2005-2017 terdapat 58 kasus HIV AIDS di Tanah Datar, puncaknya pada tahun 2017,.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM