Kasus Gizi Buruk di Mentawai Turun


Kamis, 12 April 2018 - 11:31:54 WIB
Kasus Gizi Buruk di Mentawai Turun Ilustasi/Haluan

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM – Kasus gizi buruk di Kabupaten Mentawai dari tahun ke tahun mulai turun. Pasalnya, beberapa tahun lalu, angka gizi buruk di Mentai tercatat sebanyak 80 kasus, namun tahun ini, jumlah tersebut turun menjadi 40 kasus.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar disela-sela penandatanganan kesepakatan perjanjian kerja antara 12 Kepala Puskesmas (Kapus) yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan Dinas Kesehatan Mentawai, Rabu (11/04) di Kantor Dinkes Mentawai.

Baca Juga : Padamkan Karhutla, Personal Gabungan Bermalam di Hutan

“Selain kasus gizi buruk yang turun, kasus malaria juga menurun dimana sebelumnya tercatat 6 kasus, sekarang berada diangka 3. Dengan demikian malaria dikategorikan sedang,” sebutnya.

Untuk angka kematian ibu melahirkan, lanjutnya, tahun 2015 tercatat sembilan orang, 2016 enam orang dan tahun 2017 enam orang. Sementara angka kematian bayi dari tahun 2017 tercatat 11 orang, lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga : Warga Gugat Bobroknya Pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet pada sambutannya meminta pelayanan kesehatan terhadap masyarakat harus ditingkatkan, terlebih kepada masyarakat yang berada di pelosok Mentawai.

"Pelayanan kesehatan harus ditingkatkan, ini komitmen, kalau ada masyarakat miskin dari pedalaman yang perlu penanganan langsung ditangani, jangan urus prosedur dulu baru ditangani," tegasnya.

Baca Juga : Bobroknya Pengelolaan Sampah di Pekanbaru Jadi Perhatian Nasional

Ia mengatakan, perjanjian kerja merupakan cara untuk berkomitmen guna melaksanakan tugas profesi dengan baik, tetapi yang paling penting dampak dari kinerja baik bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Jadi kalau petugas bekerja dengan baik, endingnya dampak kesehatan terhadap masyarakat langsung bisa dirasakan," imbuhnya.

Baca Juga : Pembangunan IPAL Domestik Upaya Mewujudkan Lingkungan yang Bersih

Lebih lanjut dikatakannya, target kesehatan sesuai visi-misi yang dituangkan dalam 10 Dasa Cita Mentawai, salah satunya yaitu Mentawai sehat, dengan target menaikkan angka indeks kesehatan di Bumi Sikerei dan menurunkan angka beberapa penyakit seperti Malaria, Tuberculosis (TB) dan menurunkan angka kematian ibu dan bayi melahirkan.

"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Mentawai sudah naik sekarang 58. Dengan demikian, kondisi kesehatan juga semakin membaik, target kita saat ini adalah angka penyakit dan kematian ibu dan bayi melahirkan bisa menurun," pungkasnya. (h/mg-red/hel)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]