Gulai Paku Hingga Jariang Jarang Ditemui Saat Baralek di Pariaman, Tokoh Masyarakat Khawatir


Kamis, 12 April 2018 - 17:05:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Gulai Paku Hingga Jariang Jarang Ditemui Saat Baralek di Pariaman, Tokoh Masyarakat Khawatir Gulai Paku

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Masakan tradisional seperti gulai cubadak, gulai paku, dan gulai jariang mulai jarang ditemukan saat pesta pernikahan (baralek) di Kota Pariaman. Dahulu, tiga masakan tersebut dikenal sebagai makanan yang "wajib" bagi masyarakat minangkabau. 

Seperti yang dialami pada pesta perkawinan di Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman beberapa waktu lalu. Hidangan gulai paku diganti dengan semur ayam dan goreng ikan saja. 

Murni (43) sebagai tuan rumah mengaku tidak terlalu mementingkan gulai paku tersebut. Menurutnya, masakan tersebut tadi terlalu penting untuk dihidangkannya.

"Menurut saya masakan itu tidak terlalu penting lagi pula banyak masyarakat kita tidak terlalu suka masakan tersebut," tambahnya. 

Angah Roni (43) selaku Wakil Ketua Karang Taruna Kecamatan Pariaman Selatan mengatakan,  saat ini fenomena yang menjadi perhatiannya adalah memudarnya tradisi kuliner masyarakat Minangkabau.

"Kami tahu dari dulu hingga kini gulai paku, gulai cubadak,  dan gulai jariang adalah hal yang tak bisa dipisahkan jika orang lidah orang minang terutama saat mengadakan suatu acara. Baik acara syukuran, pesta pernikahan, dan acara tahlillan. Namun dewasa ini hal tanpa kita sadari sudah semakin memudar," ujar Roni. 

Roni mengatakan, di Pariaman Selatan sendiri saat ini hanya sebahagian kecil saja yang masih menjalankan tradisi memasak gulai paku, gulai jariang dan gulai cubadak saat mengadakan acara pesta. Keadaan ini mempengaruhi kemeriahan dan kesemarakan acara yang diselenggarakan tersebut. Pasalnya, banyak nilai-nilai yang dihilangkan jika masyarakat tidak mengadakan masakan penting itu didalam acaranya. 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM