Istri Wapres Kagumi Nagari Pariangan


Jumat, 13 April 2018 - 10:47:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Istri Wapres Kagumi Nagari Pariangan Mufidah Jusuf Kalla saat menikmati keindahan pemandangan alam Nagari Tuo Pariangan, didampingi Nevi Irwan Prayitno,Wabup Zuldafri Darma, Kamis (12/4). EMRIZAL.

BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM – Istri Wapres Mufidah Jusuf Kalla menyatakan kekagumannya menyaksikan keindahan alam di wilayah Nagari Tuo, Nagari Pariangan Kabupaten Tanah Datar,Ibu Mufidah Jusuf Kalla secara spontan.

"Wah memang indah ya pemandangan alam di sini, pantas saja disebut sebagai Desa Terindah di Dunia",tutur Ibu Mufidah saat berada di Jorong Guguak Nagari Pariangan Kamis (12/4).

Kunjungan Mufidah ke Nagari Tuo Pariangan tersebut merupakan rangkaian dari lawatannya ke kabupaten Tanah Datar, yang dijadwalkan selama dua hari sampai Jum'at ini.

Selama berada di Nagari Pariangan Ibu Mufidah Jusuf Kalla didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beserta nyonya istri Bupati Tanah Datar .Emi Irdinansyah Tarmizi Wakil Bupati Zuldafri Darma beserta istri Dandim 0307 Tanah Datar, Kapolres AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, kepala Dinas Pendidikan Abrar, Kalaksa BPBD Devolresman, Kabag Humas Syahril serta Forkopimda Pariangan,Wali Nagari Pariangan April Khatib Saidi serta pemuka masyarakat lainnya.

Menurut Mufidah ,Nagari Tuo Pariangan yang saat ini sudah viral di media, dan diserbu pengunjung,perlu melakukan pembenahan pada sejumlah sarana yang dibutuhkan, terutama sarana ruas jalan dan lokasi parkir yang representatif.

"Wilayah Nagari Tuo Pariangan yang selama ini dikenal sebagai lokasi asal orang Minangkabau, memiliki cukup banyak lokasi bersejarah, semuanya merupakan asset untuk disuguhkan kepada pengunjung",tutur Mufidah yang juga orang Lintau asal Tanjung Bonai kecamatan Lintau Buo Utara kabupaten Tanah Datar ini.

Dalam posisinya sebagai ketua Dekranas pusat, Ibu Mufidah juga mengharapkan kepada kaum ibu disini,untuk selalu menggiatkan aktifitas dalam industri rumah tangga,seperti sulama dan batik tradisional setempat.

Pada kesempatan itu Wali Nagari Pariangan juga memperlihatkan sejumlah contoh hasil industri batik yang di produksi kaum ibu setempat.

"Sambil memperhatikan produksi batik tradisi dari bahan pewarna dari tanah liat, Ibu Mufidah mengharapkan kepada kaum ibu di nagari Pariangan, untuk selalu menggiatkan keterampilan,tata boga dan industri kecil lainnya",tutur Mufidah.

Sementara kepala dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar Abrar menyebutkan, bahwa sebagai wilayah nagari festinasi wisata, dari hasil penelitian berbagai pihak, ternyata di wilayah nagari Tuo Pariangan ini ditemukan sejumlah mutif ukiran karya seni, yang masih tersimpan pada sejumlah surau dan rumh gadang tuo.

Mufidah mengharapkan, sejumlah potensi yang sudah ada, perlu dilestarikan dan diupayakan untuk melanjutkannya melalui organisasi kaum ibu di bidang industri kecil.

Kepada Wali Nagari setempat diharapkan untuk selalu mencari peluang dn terobosan baru, agar gaung nagari Tuo,Desa Terindah di Dunia yang berdampak kepada melonjaknya arus kunjungan wisata ke Nagari Pariangan, mampu mengangkat taraf ekonomi warga.

Dari wilayah Nagari Pariangan diiringi hujan gerimis,Mufidah melanjutkan perjalanannya menuju wilayah kecamatan Lintau Buo bersama rombongan.( h/emz )

 



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Agustus 2018 - 17:26:00 WIB
    Penggerebekan di Padang

    Istri WW Sebut Densus 88 Sopan, Yakin Suaminya Bukan Teroris

    Istri WW Sebut Densus 88 Sopan, Yakin Suaminya Bukan Teroris Penangkapan WW, warga Lubuk Kilangan Padang oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri menyentak banyak pihak. Perangai WW dinilai jauh dari prilaku yang menjurus terorisme. Istrinya bahkan tidak percaya sang suami terlibat aksi.
  • Selasa, 14 Agustus 2018 - 00:05:24 WIB

    Peluru Tajam Melukai Kaki Istri Anggota TNI Ini

    Peluru Tajam Melukai Kaki Istri Anggota TNI Ini PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Seorang perempuan bernama Vera Susanti mendapatkan perawatan medis di RS M Djamil Padang. Ia terluka karena peluru tajam bersarang di punggung kaki bagian kanan, sekitar 19.30 WIB, Selasa (14/8).
  • Rabu, 01 Agustus 2018 - 22:25:18 WIB

    Hujan Badai di Pasaman, Rumah dan Tiang Listrik Porak-Poranda

    Hujan Badai di Pasaman, Rumah dan Tiang Listrik Porak-Poranda PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Sejumlah rumah warga di Nagari Panti Timur, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, dilaporkan rusak parah setelah diterpa hujan deras dan angin kencang, Rabu (1/8) sore. Selain itu, banyak tiang listri.
  • Senin, 30 Juli 2018 - 17:06:53 WIB

    Menunggak Ratusan Juta, Listrik PJU By Pass Padang Diputus PLN

    Menunggak Ratusan Juta, Listrik PJU By Pass Padang Diputus PLN PADANG, HARIANHALUAN.COM—Lampu Penerangan Jalan Utama (PJU) di sepanjang Jalur Dua By Pass Kota Padang sudah tak berfungsi. Ancaman terus berjatuhannya korban kecelakaan dan aksi kriminalitas terus mengintai. Ternyata, samb.
  • Ahad, 29 Juli 2018 - 10:13:55 WIB

    Karya Mahasiswi STKIP PGRI Sumbar, Batang Buah Naga Jadi Sumber Listrik

    Karya Mahasiswi STKIP PGRI Sumbar, Batang Buah Naga Jadi Sumber Listrik PADANG, HARIANHALUAN.COM -  Berbekal alat sederhana, empat mahasiswa STKIP PGRI Sumbar, yakni Kurnia Wulan Sari, Indri Dwi Lelita Sari, Mike Andam Sari, dan Karlin Marta Puri, berhasil menjadikan batang buah naga sebagai sum.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM