Istri Wapres Kagumi Nagari Pariangan


Jumat, 13 April 2018 - 10:47:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Istri Wapres Kagumi Nagari Pariangan Mufidah Jusuf Kalla saat menikmati keindahan pemandangan alam Nagari Tuo Pariangan, didampingi Nevi Irwan Prayitno,Wabup Zuldafri Darma, Kamis (12/4). EMRIZAL.

BATUSANGKAR, HARIANHALUAN.COM – Istri Wapres Mufidah Jusuf Kalla menyatakan kekagumannya menyaksikan keindahan alam di wilayah Nagari Tuo, Nagari Pariangan Kabupaten Tanah Datar,Ibu Mufidah Jusuf Kalla secara spontan.

"Wah memang indah ya pemandangan alam di sini, pantas saja disebut sebagai Desa Terindah di Dunia",tutur Ibu Mufidah saat berada di Jorong Guguak Nagari Pariangan Kamis (12/4).

Kunjungan Mufidah ke Nagari Tuo Pariangan tersebut merupakan rangkaian dari lawatannya ke kabupaten Tanah Datar, yang dijadwalkan selama dua hari sampai Jum'at ini.

Selama berada di Nagari Pariangan Ibu Mufidah Jusuf Kalla didampingi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beserta nyonya istri Bupati Tanah Datar .Emi Irdinansyah Tarmizi Wakil Bupati Zuldafri Darma beserta istri Dandim 0307 Tanah Datar, Kapolres AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, kepala Dinas Pendidikan Abrar, Kalaksa BPBD Devolresman, Kabag Humas Syahril serta Forkopimda Pariangan,Wali Nagari Pariangan April Khatib Saidi serta pemuka masyarakat lainnya.

Menurut Mufidah ,Nagari Tuo Pariangan yang saat ini sudah viral di media, dan diserbu pengunjung,perlu melakukan pembenahan pada sejumlah sarana yang dibutuhkan, terutama sarana ruas jalan dan lokasi parkir yang representatif.

"Wilayah Nagari Tuo Pariangan yang selama ini dikenal sebagai lokasi asal orang Minangkabau, memiliki cukup banyak lokasi bersejarah, semuanya merupakan asset untuk disuguhkan kepada pengunjung",tutur Mufidah yang juga orang Lintau asal Tanjung Bonai kecamatan Lintau Buo Utara kabupaten Tanah Datar ini.

Dalam posisinya sebagai ketua Dekranas pusat, Ibu Mufidah juga mengharapkan kepada kaum ibu disini,untuk selalu menggiatkan aktifitas dalam industri rumah tangga,seperti sulama dan batik tradisional setempat.

Pada kesempatan itu Wali Nagari Pariangan juga memperlihatkan sejumlah contoh hasil industri batik yang di produksi kaum ibu setempat.

"Sambil memperhatikan produksi batik tradisi dari bahan pewarna dari tanah liat, Ibu Mufidah mengharapkan kepada kaum ibu di nagari Pariangan, untuk selalu menggiatkan keterampilan,tata boga dan industri kecil lainnya",tutur Mufidah.

Sementara kepala dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Datar Abrar menyebutkan, bahwa sebagai wilayah nagari festinasi wisata, dari hasil penelitian berbagai pihak, ternyata di wilayah nagari Tuo Pariangan ini ditemukan sejumlah mutif ukiran karya seni, yang masih tersimpan pada sejumlah surau dan rumh gadang tuo.

Mufidah mengharapkan, sejumlah potensi yang sudah ada, perlu dilestarikan dan diupayakan untuk melanjutkannya melalui organisasi kaum ibu di bidang industri kecil.

Kepada Wali Nagari setempat diharapkan untuk selalu mencari peluang dn terobosan baru, agar gaung nagari Tuo,Desa Terindah di Dunia yang berdampak kepada melonjaknya arus kunjungan wisata ke Nagari Pariangan, mampu mengangkat taraf ekonomi warga.

Dari wilayah Nagari Pariangan diiringi hujan gerimis,Mufidah melanjutkan perjalanannya menuju wilayah kecamatan Lintau Buo bersama rombongan.( h/emz )

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM