50 Sapi Belgian di Padang Mengatas Segera Lahir


Jumat, 13 April 2018 - 12:23:04 WIB
50 Sapi Belgian di Padang Mengatas Segera Lahir Ilustasi/Haluan

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Balai Pembibitan Ternak Unggul-Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas, Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota, semakin berkiprah untuk menjadikan sapi potong semakin unggul dengan jenis lain. Tahun 2018 BPTU-HPT, membuat program baru di bidang peternakan sapi potong unggul yakni, bibit sapi Belgian Blou.

Program baru pembibitan sapi potong unggul tersebut, adalah program yang dimulai tahun 2018 ini. Embrionya berasal dari Belgia yang dikelola di Spnyol. Tahun ini pihak BPTU-HPT menargetkan produksi anak sapi Belgian Blou sebanyak 50 ekor dengan menggunakan teknologi Embrio Trasfer (ET).

Kepala UPTD, BPTU-HPT Padang Mengatas, Irwandi dalam percakapan dengan Haluan di kantornya, kamis kemarin menuturkan, bibit sapi potong unggul yang berasal dari Eropa itu, jika berhasil sesuia dengan rencana, akan dikembangkan lagi di seluruh Indonesia, guna memperbanyak jenis sapi di nagara ini.

Dikatakan, Irwandi, pertumbuhan badannya jauh lebih bagus dan cepat dibanding sapi simental dan lemousin yang ada. “Melalui program ini, kita harapkan bakal bertambah jenis sapi potong unggul. Nanti bila uji coba berhasil, tentu masyarakat akan memelihara sapi tersebut disamping sapi simental,” ulasnya.

Ia juga mengharapkan hasil bibit sapi Belgian Blou ini berhasil dikembangkan. Pasalnya dalam hasil uki coba tes di BPTU-HPT, dari target 50 ekor untuk mendapatkan bibit sapi Belgian Blou, melalui Embrio Transfer, kini tengah bunting induk sapinya sebanyak 26 ekor. Mudah mudahan tidak begitu lama lagi hanya hitungan bulan, diharapkan bibit sapi lahir.

Lebih jauh Irwandi menginformasikan, untuk menyukseskan program sapi potong unggul Belgian Blou tersebut, BPTU-HPT Padang Mengatas, Kecamatan Luak, bekerjasama dengan Balai Embrio Ternak (BET) Cipilang. (h/zkf)

 

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 Januari 2019 - 19:39:04 WIB

    Painan Raih Adipura, Petugas Kebersihan Bakal Dapat Rp500 Ribu per Orang

    PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, bakal memberikan bonus senilai Rp500 ribu per orang, untuk petugas kebersihan atau pasukan kuning yang sudah bekerja keras mengelolah kebersihan lingkungan di dae.
  • Senin, 07 Januari 2019 - 13:40:33 WIB

    Listrik Gratis untuk 2.500 Keluarga di Pessel

    Listrik Gratis untuk 2.500 Keluarga di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan awal 2019 bakal menganggarkan biaya pemasangan listrik gratis kepada 2.500 keluarga di daerah itu. Biaya pemasangan listrik gratis tersebut bersumber dari Anggar.
  • Rabu, 12 September 2018 - 19:00:21 WIB

    Ada 250 Formasi CPNS di Pasbar

    Ada 250 Formasi CPNS di Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah melalui Kemenpan RB resmi telah membuka formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Sejumlah daerah sudah menerima kuota yang diberikan oleh pemerintah pusat..
  • Selasa, 21 Agustus 2018 - 10:50:06 WIB

    Kabupaten Solok, Kekurangan 500 Ekor Sapi Jantan

    Kabupaten Solok, Kekurangan 500 Ekor Sapi Jantan AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Menyusul diberlakukannya larangan menyembelih sapi betina produktif, membuat Kabupaten Solok mengalami kekurangan sekitar 500 ekor sapi jantan untuk memenuhi kebutuhan penyembelihan hewan kurban.
  • Kamis, 12 April 2018 - 11:03:41 WIB

    Samsat Nagari 50 Kota Segera Beroperasi

    Samsat Nagari 50 Kota Segera Beroperasi LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Untuk lebih meningkatkan pelayanan bagi masyarakat di nagari yang tersebar di Kabupaten Limapuluh Kota, maka UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah di Sarilamak, sebelumnya (Pelayanan Pendapatan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM