M. Nurnas: Kepala Bappeda Sumbar Lecehkan Lembaga DPRD Sumbar


Jumat,13 April 2018 - 14:30:50 WIB
Reporter : Tim Redaksi
M. Nurnas: Kepala Bappeda Sumbar Lecehkan Lembaga DPRD Sumbar Anggota DPRD Sumbar, M Nurnas

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Pernyataan Kepala Bappeda Sumbar Hansasri yang menyampaikan di media, tentang anggota DPRD Sumbar, mungkin tidak hadir Musrenbang provinsi karena tidak ada honornya, membuat heboh wakil rakyat tersebut.

"Seolah-olah setiap bergerak kami mendapatkan honor, saya tidak pernah melakukan demikian. Jangankan di DPRD, di setiap organisasi di mana saja saya melakukan pengarahan, honor bukan yang utama bagi saya. Setau saya setiap kegiatan yang dilaksanakan pemerintah itu juga tidak ada honornya kenapa dia berbicara seperti itu," ujar Anggota DPRD Sumbar, M Nurnas, Jumat (13/4).

"Yang tidak punya etika itu adalah, seorang pamong tidak boleh mengatakan demikian, masa dia mengatakan mungkin dengan Musrenbang tidak punya honor (DPRD tidak datang Musrenbang provinsi karena tidak ada honornya,red). Ini bukan lagi hal yang ringan, sudah melecehkan lembaga DPRD," ucap Nurnas.

Ditambahkan Nurnas, hal tadi juga tidak pantas disampaikan oleh Hansasri karena saat ini yang bersangkutan sedang mencalonkan diri sebagai Sekretaris Daerah (Sekda).

"Kalau nanti (dia) terpilih jadi Sekda, dia suka berbicara seperti demikian, bisa rusak gubernur," tukasnya. 

Bahkan HM Nurnas mengatakan, Kepala Bappeda Sumbar telah menciderai UU 23 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

Dituturkannya, pada UU 23/2004 itu tegas disebutkan, bahwa pemerintah dan DPRD itu mitra, kemudian yang namanya pemerintahan daerah itu adalah terdiri dari gubernur beserta jajarannya beserta DPRD.

"Hari ini, saya mengusulkan supaya DPRD menggunakan hak interpelasi. Saya akan membicarakannya di Fraksi Demokrat,” kata Nurnas.

Hal senada juga disampaikan oleh politisi Fraksi Partai Golkar, Yulfitni Djasiran. Disebut Yulfitni pernyataan Hansatri telah menghina lembaga DPRD.

"Saya sangat terganggu dengan pernyataan Kepala Bappeda Sumbar Hansasri yang mengatakan anggota dewan memilih kunker dari pada Musrenbang mungkin karena tak ada honornya. Ini penghinaan kepada lembaga DPRD,” kata Yulfitni.

Menanggapi ini, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim mengatakan sehabis Jumat (13/4) siang ini DPRD akan melaksanakan rapat untuk menindaklanjuti pernyataan kepala Bappeda tersebut.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Sumbar, Hansasri menyampaikan ke media, anggota DPRD Sumbar tidak bisa hadir pada Musrenbang RKPD yang dilakukan beberapa waktu lalu mungkin karena tidak ada honornya.

Kepala Bappeda Sumbar Sumbar, Hansasri, saat dihubungi harianhaluan.com membantah hal tersebut.

"Sudah saya bantah. Dimuat di koran yang sama. Mohon maaf saya tidak komen lagi supaya tidak makin panjang.(h/len).

Baca juga: Diberitakan-tak-ikut-musrenbang-karena-tak-ada-honor-anggota-dprd-sumbar-meradang


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM