BPJS Ketenagakerjaan Padang Santuni Korban Kecelakaan Kerja


Senin, 16 April 2018 - 15:56:57 WIB
BPJS Ketenagakerjaan Padang Santuni Korban Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang yang diwakili Kacapem Pariaman, Hendri Yusri didampingi Kadisnakertrans Sumbar, Nasrizal menyerahkan santunan kepada salah seorang ahli waris peserta BPJS, Jumat (13/4) di Aula Disnakertrans Sumbar. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang kembali menyerahkan santunan kepada lima ahli waris korban kecelakaan kerja dan kematian, di Aula Disnakertrans Sumbar, Jumat (13/4). Total santunan yang diberikan kali kepada ahli waris alm Sudirman, yang meninggal bulan Maret lalu akibat kecelakaan kerja di PT Lembah Karet, sebesar Rp142.077 juta.

“Santunan ini merupakan hak setiap peserta BPJS. Selain menyerahkan santunan tersebut, anak dari alm juga mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Itulah bagusnya BPJS Ketenagakerjaan ini, proses klaim dana santunannya cepat diproses,” sebut Kacapem BPJS Ketenagakerjaan Pariaman, Hendri Yusri kepada Haluan.

Baca Juga : Sepuluh Orang Anggota Sindikat Pengedar Uang Palsu Ditangkap

Dijelaskannya, BPJS Ketenagakerjaan selalu memberikan hak-hak bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja, baik itu kematian, cacat dan beasiswa bagi ahli warisnya.

“Santunan ini adalah hak dari mereka yang sudah ikut kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu wajib kiranya kita berikan kepada ahli warisnya,” tambahnya.

Baca Juga : Awas, Hari Ini Merapi Tujuh Kali Luncurkan Guguran Lava Pijar

BPJS Ketenagakerjaan sendiri, lanjutnya, sangat berkepentingan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tenaga kerja dalam menjalankan aktivitasnya. “K3 merupakan hal mutlak yang harus diperhatikan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja dalam menjalankan tugasnya,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan, untuk menciptakan lingkungan kerja yang nihil kecelakaan kerja (zero accident), perusahaan diminta memakai alat-alat K3 sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Baca Juga : Riau Dikepung Titik Api, Karhutla Terjadi di Delapan Daerah

Sementara itu, ahli waris dari alm Sudirman, ibu Mardiana mengaku terharu dan berterima kasih kepada PT Lembah Karet dan pihak BPJS Ketenagakerjaan yang telah berupaya membantu serta mencairkan klaim uang santunan begitu cepat. “Santunan ini bisa meringankan beban dan sedikit dapat mengobati hati kami,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, BPJS Ketenagakerjaan mempunyai 4 program untuk melindungi pekerja dari risiko-risiko sosial yang mungkin terjadi yaitu program JKK, Jaminan Kematian (JKM), JHT dan juga Jaminan Pensiun (JP). Selain manfaat dari program yang sudah disebutkan, ternyata ada manfaat lain yang bisa didapatkan dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. (h/hel)

Baca Juga : Bersiap Edarkan Puluhan Pil Ekstasi, Pria RS Keburu Tertangkap

 

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]