Kejari Sijunjung Musnahkan Barang Bukti Hingga Obat-obatan


Senin,16 April 2018 - 16:17:12 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kejari Sijunjung Musnahkan Barang Bukti Hingga Obat-obatan  Muspida Kabupaten Sijunjung melakukan pemusnahan barang bhukti kasus perkara Narkotika, Obat-obatan tanpa izin serta Barang bukti kejahatan Seksual yang ditangani Kejaksaan Negeri Muaro Sijunjung dengan cara dibakar, Senin (16/4) dihalaman Kantor Kejaksaan Negeri Muaro Sijunjung. Ogi

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM---- Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung melakukan pemusnahan terhadap barang bukti tindak pidana umum termasuk barang bukti narkotika. Tak hanya itu obat-obatan yang tidak mengantongi izin dari BPOM serta barang bukti dari kasus kekerasan seksual, di halaman utama kejaksaan Negeri Sijunjung,Senin (16/4).

Acara dihadiri dan disaksikan oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin dan Wakil Bupati Arrival Boy, Sekretaris Daerah Zefinihan, Kapolres Sijunjung AKBP Imran Amir S.Ik.MH, Dandim 0310/SSD Letkol.Inf Irvan Yusri S.Ip, Kalapan Kelas IIB MUaro Sijunjung Marten, Ketua Pengadilan Negeri Muaro Sijunjung, Ketua PN Sawahlunto, Ketua PA Sijunjung, Ketua BNN Sawahlunto,  dan pejabat OPD Pemkab Sijunjung.

Kepala Kejaksaan Negeri Sijunjung Muhammad Rizal Sumadiputra, SH, MH  mengatakan, pemusnahan barang bukti merupakan kegiatan rutin yang dalam perkara tahun 2017 sampai dengan Triwulan Maret 2018. Dan telah inkrah secara hukum melalui pengadilan Negeri Sijunjung dan PN Sawahlunto serta PT Padang dan Mahkamah Agung yang dimaksudkan untuk menciptakan Kabupaten Sijunjung  yang taat dan tertib hukum. 

"Untuk tahun 2018 ini kita melaksanakan pemusnahan barang bukti dari Perkara Kasus yang telah inkrah secara hukum pada tahun 2017 hingga Triwulan pertama tahun 2018 ini , mulai dari kasus Nartkotika, senjata api rakitan dan barang bukti kasus kekerasan seksual," katanya kepada wartawan usai kegiatan pemusnahan barang.

Lebih lanjut, Kejari Sijunjung mengatakan dalam pemusnahan ini ada sekitar 44 perkara dari Tahun 2017 hingga Maret 2018, diantaranya 28 Perkara kasus kepemilikan narkotika jenis sabu-sabu, 4 perkara kasus kepemilikan ganja dan kekerasan seksual sebanyak 12 perkara yang sudah inkrah berkekuatan hukum tetap. Kemudian perkara yang paling menonjol saat ini adalah narkotika dan kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur. 

"Perkara narkotika yang paling menonjol adalah sabu - sabu dengan berat totalnya 14,43 gram, Narkotika jenis Ganja sebanyak 2.031,94 gram, obat-obatan sebanyak 1.265 Strip dan 38 Botol obat cair yang tidak mengantongi izin BPOM dan , sedangkan senpi rakitan sebanyak tiga pucuk," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pidum Kejari Sijunjung Triatman mengatakan bahwa untuk mengantisipasi agar tindak pidana seperti narkotika tidak terjadi. Pihak Kejari akan terus melaksanakan dan melakukan penyuluhan hukum dari intel yang langsung turun ke masyarakat dengan berkerjasama dengan pihak kepolisian, sekolah, dinkes dan pihak terkait lainnya.

Sementara itu, Kepolres Sijunjung AKBP H. Imran Amir S.IK,MH didampingi Kasat Narkoba AKP Anton menambahkan pihaknya juga akan menindak pelaku tindak kriminal sesuai dengan aturan perundang-undangan.

"Kalau kami sesuai dengan aturan perundang-undangan dan bila memang bersalah kita proses secara maksimal untuk pidananya, dan kita tidak main-main dengan ucapan tersebut," tambahnya.( h/ogi)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,15 Maret 2018 - 12:18:17 WIB

    Kejari Solsel Musnahkan Barang Bukti Narkoba dan Senjata Api

    Kejari Solsel Musnahkan Barang Bukti Narkoba dan Senjata Api SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok Selatan (Solsel) memusnahkan barang bukti hasil kejahatan tindak pidana umum periode 2017- hingga Maret 2018. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan untuk.
  • Jumat,06 Oktober 2017 - 10:08:29 WIB

    Kejari Agam Tahan Mantan Petugas Baznas

    Kejari Agam Tahan Mantan Petugas Baznas AGAM, HARIANHALUAN.COM- Kejaksaan Negeri Agam menahan mantan petugas Baznas Agam Berinisial “M”. Ia diduga melakukan penggelapan puluhan juta rupiah saat bertugas Baznas Kabupaten Agam..
  • Senin,28 Agustus 2017 - 12:17:01 WIB

    Kisruh Lahan di Solsel, Kejari Berikan Pendapat Hukum

    Kisruh Lahan di Solsel, Kejari Berikan Pendapat Hukum SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok Selatan (Solsel) bakal memberikan pendapat hukum atau legal opinion terkait persoalan Pemkab Solsel dan PT.Mitra Kerinci (PTMK) dalam pembangunan masjid agung.
  • Selasa,14 Februari 2017 - 18:07:31 WIB

    Jaringan Aksi Mahasiswa Demo Kejari Pasbar, Tuntut Kelanjutan Kasus Mobil Dinas Bupati

    Jaringan Aksi Mahasiswa Demo Kejari Pasbar, Tuntut Kelanjutan Kasus Mobil Dinas Bupati PASBAR,HALUAN--Lebih dari 100 orang mahasiswa yang mengatasnamakan Jaringan Aksi Mahasiswa Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melakukan aksi demonstrasi ke kejaksaan setempat menuntut kelanjutan kasus korupsi mobil dinas bupati.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM