Banyak Alumni yang Langsung Bekerja, Peminat PNP Meningkat


Senin, 16 April 2018 - 17:58:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Banyak Alumni yang Langsung Bekerja, Peminat PNP Meningkat Wisuda PNP

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Banyaknya alumni yang langsung bekerja sesudah tamat membuat peminat masuk Politeknik Negeri Padang (PNP) meningkat. Kuota penerimaan mahasiswa baru PNP sebanyak 1.200 an dan tidak jauh berbeda dibanding tahun sebelumnya.

“Hal ini disebabkan karena sarana dan prasarana yang kami miliki hanya untuk jumlah mahasiswa yang sebanyak itu. Namun kami memiliki niat untuk menambah daya tampung mahasiswa tersebut,” ujar Direktur PNP Surfa Yondri, Senin (16/4).

Surfa Yondri mengatakan prodi Teknik Listrik merupakan salah satu prodi yang banyak diminati. Untuk penerimaannya, PNP menjalin kerja sama dengan PLN. “Setelah mereka tamat dari Teknik Listrik ini, mereka akan langsung bekerja di PLN. Namun mereka harus memenuhi syarat terlebih dahulu. Seperti tepat waktu tamat  dan IP tidak boleh kurang dari 2.75,” bebernya.

Untuk penerimaan sendiri akan ditutup sampai dengan 18 April dan tes pada 21 April. “Seleksinya ada dua tahap. Pertama dari PNP. Tahap kedua dari pihak PLN sendiri. Seleksi dari PLN tersebut sama seperti penerimaan calon karyawan. Ada tes psikologi dan lain-lannya,” urainya.

Jumlah mahasiswa yang akan diterima pada jalur ini adalah sebanyak 50 orang. “Hingga hari ini(kemarin) jumlah yang sudah mendaftar sebanyak 947 orang dan masih ada beberapa hari waktu untuk mendaftar. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yang hanya berjumlah 927 orang,” jelasnya.

Sementara itu untuk penerimaan dari jalur PMDK, jumlah peminat PNP sebanyak 11.288. “PMDK ini seluruh Indonesia. Ada 42 Politeknik total yang mengikuti PMDK ada sebanyak 110.828.

Kuota penerimaan PMDK oleh PNP sebanyak 248. Untuk tahun lalu, peminat PNP melalui jalur PMDK sebanyak sembilan ribuan dan nomor tiga terbanyak se-Indonesia. Untuk tahun ini belum bisa kami lihat peminat PNP nomor berapa, baru bisa diketahui saat rapat direktur politeknik se-Indonesia nantinya,”tuturnya.

Sedangkan penerimaan dari jalur bidik bisa saat ini sedang masa visitasi dan pengecekan.

“Saat ini yang kami seleksi sebanyak 474 dan yang akan diterima sebanyak 189 orang. Jumlah yang mendaftar melalui jalur bidik misi ini sebanyak 4.155,” sebutnya.

Selain dari beberapa jalu tersebut PNP juga menerima mahasiswa dari jalur untuk Prodi Teknik Alat Berat. “Prodi ini bekerja sama dengan Trakino. Untuk pendafatraan saat ini masih berlangsung hingga tanggal 8 Mei mendatang. Rencananya kami akan menerima dua kelas yaitu sebanyak 48 orang,” urainya.

Jalur penerimaan lainnya adalah UNPN dan seleksi nilai ujian.

“Para lulusan kami siapkan dengan bekal siap bekerja dan dibekali dengan sertifkat,” tutupnya. (h/san)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM