SEMBILAN CALON JEMAAH MELAPOR KE DPRD PADANG

Kasus Umrah PT BMP Jangan Masuk Peti Es


Rabu, 18 April 2018 - 12:09:02 WIB
Kasus Umrah PT BMP Jangan Masuk Peti Es Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Sembilan calon jemaah umrah PT Bumi Minang Pratiwi (BMP) melapor ke posko pengaduan yang dibentuk DPRD Padang. Para korban yang merasa ditipu karena keberangkatannya ke tanah suci tertunda meminta DPRD turut serta menuntaskan kasus ini.

Saat melapor, sembilan orang yang mengaku menjadi korban meminta identitasnya dirahasiakan. “Komisi IV DPRD Kota Padang telah menerima pengaduan dari korban jamaah umrah yang diduga  ditipu oleh PT BMP sebagai biro travel. Jumlah yang melapor sudah sembilan orang. Mereka menyerahkan permasalahan ini ke DPRD,” terang Maidestal, Selasa (17/4).

Baca Juga : Panas, 1.000 Massa Pro Junta Militer Turun ke Jalan di Myanmar

Dituturkan Maidestal, Komisi IV sekarang sedang mengumpulkan laporan pengaduan dari masyarakat. Jika sudah terkumpul banyak, maka disepakati bersama-sama korban apakah akan ditindaklanjuti ke kepolisian atau tidak.

"Masyarakat jangan takut-takut melaporkan. Sebagai wakil rakyat kami berkewajiban untuk menampung segala keluhan dan menindaklanjutinya. Kita tak ingin kasus ini hilang begitu saja, didiamkan atau masuk peti es. Pihak yang berkompeten mesti mengusutnya sampai tuntas,” tegasnya.

Baca Juga : Astaga! Ada Tanda-tanda Fase Baru Mutasi Covid-19

Komisi IV DPRD Kota Padang kini, sedang  menghimpun secara keseluruhan data-data korban dugaan penipuan travel umrah dan haji PT BMP dan PT Rindu Baitullah ini. Rencananya, para wakil rakyat itu akan mengundang Kementerian Agama, dan Bagian Perizinan Pemko Padang untuk menindaklanjutinya persoalan, sekaligus mengantisipasi agar permasalahan serupa tidak lagi terjadi di kemudian hari.

“Kami  ingin kasus ini dituntaskan oleh pihak yang terkait. Apakah akan diberangkatkan atau dikembalikan uang jamaah. Kasihan jamaah yang telah susah payah mengumpulkan uang,  untuk melepas rindu ke rumah Allah. Mereka menabung dan menyisihkan penghasilan sehari-hari yang tak seberapa, tapi malah dikhianati,” ujarnya Maidestal.

Baca Juga : Akan Rilis, Laporan Intelijen AS Sebut MBS Setujui Pembunuhan Khashoggi

Senada dengan Maidestal, sebelumnya Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga angkat bicara terkait persoalan ini.

"Saya meminta Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Barat menugaskan tim khusus yang telah dibentuk untuk segera mengusut tuntas dan menindak tegas serta mencari solusi terkait kasus terlantarnya ratusan calon jemaah umrah di Malaysia itu," kata Bamsoet.

Baca Juga : Pemerintahan Joe Biden Tuding Putra Raja Salman Dalang Pembunuhan Jurnalis AS

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]