Pencairan Beasiswa Dana Rajawali Belum Jelas


Rabu, 18 April 2018 - 12:18:02 WIB
Pencairan Beasiswa Dana Rajawali Belum Jelas Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Putar-putar di areal tak jelas, dana beasiswa yang akan diperuntukkan bagi siswa Sumbar masih belum dipastikan kapan akan cair. Sejak tahun-tahun kemarin, pihak terkait selalu berujar, akan segera, tahun ini, tahun depan.

Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim menyampaikan, sampai kemarin mereka masih menunggu pengusulan Peraturan Gubernur (Pergub) yang baru dari Pemprov, setelah itu baru bisa dicabut Perda yang lama yang dipakai mengelola dana Rajawali.

“Kita berharap prosesnya cepat, ini masih terus kita komunikasikan dengan Pemprov, target kita tahun ini sudah bisa cair,” ulas Hendra kepada wartawan di DPRD Sumbar, Selasa (17/4).

Setelah semua proses regulasi disiapkan dan rampung, Hendra menuturkan, Pemprov bersama DPRD nantinya harus benar-benar menyalurkan beasiswa tepat sasaran, bagi pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan.

Untuk diketahui, dana beasiswa Rajawali diterima Pemprov pada Tahun 2009 senilai 50 ribu dolar atau Rp50 miliar. Dana yang sudah mengendap hampir 9 tahun ini akan digunakan khusus untuk beasiswa pendidikan anak-anak Sumbar. Sampai hari ini, masih tersimpan di kas daerah, dengan nilai per Desember tahun lalu mencapai Rp80 miliar.

Sebelumya, Pemprov, beralasan pergub tak selesai karena perda lama terkait penyaluran dana rajawali, yakni perda nomor 4 Tahun 2009 tentang yayasan Minangkabau belum jadi dicabut.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]