Bidan Ujung Tombak Penurunan AKI/AKB


Rabu, 18 April 2018 - 13:16:46 WIB
Bidan Ujung Tombak Penurunan AKI/AKB Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM---Keberadaan bidan merupakan ujung tombak terhadap keberhasilan penurunan angka kematian ibu (AKI), dan angka kematian bayi (AKB) dan balita.

Demikian dikatakan Heryanto Rustam saat membuka kegiatan pencanangan bulan bhakti ikatan bidan Indonesia (IBI) KB Kesehatan ke -67 tingkat Kota Padang, Selasa (17/4).

Baca Juga : Kasus Dugaan Pencemaran Perusahaan Sawit PT IIS, Warga Tunggu Hasil Labor Diumumkan

Dikatakan Heryanto, IBI satu-satunya wadah organisasi profesi bidan, yang mempunyai posisi penting dan strategis ditengah masyarakat dalam menurunkan AKI dan AKB.

Apalagi di Kota Padang, masih terjadi kasus AKI dan AKB. Tercatat, pada tahun 2016 di Kota Padang terjadi, AKI berjumlah 20 orang, AKB sebanyak 111 orang, dan angka kematian balita berjumlah 16 orang.

Baca Juga : Duh, Pemukiman Penduduk Hingga Bandara Masuk Kawasan Hutan Lindung

Lanjutnya, penurun AKI bisa dilakukan dengan meningkatkan pemakaian kontrasepsi yang berkualitas. AKI yang tinggi disebabkan oleh 4T yaitu terlalu muda melahirkan, terlalu tua, terlalu sering, dan terlalu dekat jarak kelahiran.

“Ikut ber KB bisa mengurangi tingkat kematian ibu. Karena pasangan usia subur (PUS) bisa memilih, menunda, membatasi atau menjarangkan jumlah kelahiran,”sebutnya di Klinik Cemara PKBI, Jalan Sutan Syahrir Kelurahan Seberang Padang Kecamatan Padang Selatan.

Baca Juga : Duh, Lima Kecamatan di Kota Tangerang, Provinsi Banten Masih Dilanda Banjir

Sementara itu, Ketua IBI Cabang Padang Ismaniar mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, dan balita khususnya keluarga prasejahtera.

“Tema bulan bhakti sosial IBI Kes Tingkat Kota Padang ke 67 ini yakni melalui Bhakti IBI KB kesehatan kita tingkatkan pelayanan KB tahun 2018. Serta peningkatan kualitas, pemeratan, pelayanan KB terutama di wilayah kampung KB,”katanya.(h/mg-mel)

Baca Juga : Tanah Terus Bergerak di Kampung Ciherang, Puluhan Rumah Terdampak

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]