Waspada! Jalan Nasional di Solsel Ini Terban


Kamis, 19 April 2018 - 10:57:39 WIB
Waspada! Jalan Nasional di Solsel Ini Terban Pengendara melewati jalan nasional yang terban di Solsel, Kamis (19/4). Jalan itu membahayakan bagi pengendara terutama di malam hari.Jefli

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM- Ruas jalan nasional Solok Selatan (Solsel) di kilometer 14 ambruk dan nyaris putus. Tepatnya, di perbatasan antara Jorong Sapan Sari dengan Jorong Ampalu, Nagari Alam Pauh Duo. Ruas jalan nasional yang ambruk memakan badan jalan sekitar 1,5 meter dengan panjang sekitar 4 meter, berkedalaman sekitar 5 meter dari atas jalan.

Dari pantauan Haluan dilokasi, jalan nasional yang hanya memiliki lebar sekitar 4-5 meter itu, dikhawatirkan akan membahayakan pengguna jalan jika tidak ditangani secara cepat. Kendaraan yang melewati jalur dilokasi terpaksa harus bergantian dari arah yang berlawanan karena tidak bisa sekali jalan dari kedua arah.

Baca Juga : Warga Temukan Potongan Tubuh Marlena Lahagu di Sungai, Diduga Korban Keganasan Buaya

"Diperkirakan ambruk tadi malam (18/4), sebab sore harinya ketika saya lewati jalan tersebut tidak ada masalah.  Namun, pagi hari Kamis (19/4) saya yang rutin melewati jalan ini telah ambruk dan membahayakan bagi pengguna jalan," kata Sudirman seorang pengendara motor yang rutin melewati jalur itu.

Sudirman mengatakan, apabila jalan ini tidak segera di perbaiki maka jalan itu terancam putus apalagi dengan intensitas hujan yang tinggi. Sebab, terkikisnya badan jalan akan semakin lebar.

Baca Juga : Tindaklanjuti Kasus Aborsi Dua Pasangan Mahasiswa, Polisi Bongkar Makam Janin

"Jalur ini merupakan penghubung masyarakat Muara Labuh dengan Ibukota Kabupaten, Padang Aro. Dan sebagai akses penghubung Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi dengan Sumatera Barat. Pada malam hari takutnya pengendara bisa slip karena tidak adanya penerangan jalan," ungkapnya.

Kepala Bidang Binamarga Dinas PU dan Perumahan Rakyat Solsel, Patris Bimbe mengatakan, untuk perbaikan jalan nasional bukanlah kewenangan pihak kabupaten.

Baca Juga : Terduga Pembunuh Istri Mantan Sekda Ditangkap

"Namun, kita akan segera koordinasi dengan pihak Balai Jalan Nasional terkait rencana pihak balai," sebutnya.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Solsel, Herwin mengatakan pihaknya akan segera koordinasi dengan kepala BPBD Solsel untuk tanggap darurat.

Baca Juga : Innalillahi, Seorang Petani Ditemukan Meninggal di Sawah

"Nanti saya koordinasi dengan kepala, sebab saat ini sedang dinas luar daerah," tutupnya. (h/jef)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]