Dishub Pessel Bentuk Pelopor Keselamatan LLAJ


Kamis, 19 April 2018 - 11:22:32 WIB
Dishub Pessel Bentuk Pelopor Keselamatan LLAJ Ilustasi/Haluan

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Guna menekan resiko ancaman kecelakaan lalu lintas di jalan raya, khususnya bagi kalangan pelajar, Pemkab Pessel melalui Dinas Perhubungan (Dishub), menggencarkan sosialisasi melalui kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

"Sebagaimana kita ketahui saat ini, penyumbang angka kecelakaan tertinggi di Pessel, berasal dari kalangan pelajar," sebut Nuzirwan, Kepala Dishub Pessel, Rabu (18/4).

Baca Juga : Tegas! Bupati Sutan Riska Larang ASN Mudik

Ia mengatakan, untuk meningkatkan kenyamanan kepada masyarakat pengguna jalan, maka pihaknya terus meningkatkan berbagai sarana dan prasarana yang memiliki fungsi layak untuk penunjang kenyamanan para pengendara.

"Kendati demikian, sosialisasi kepada masyarakat dan pelajar terus kita gencarkan hingga ketingkat bawah. Upaya tersebut kita lakukan melalui kegiatan pemilihan pelajar pelopor keselamatan LLAJ," ungkapnya.

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Menurutnya, para pelajar yang terpilih menjadi pelopor keselamatan lalu lintas, akan diberi tugas dan tanggung jawab moral untuk memberikan penyadaran kepada sesama pelajar lainnya di Pessel.

"Jadi, tujuanya agar mereka sama-sama memiliki kesadaran yang tinggi, serta juga patuh dan taat saat berlalu lintas," harapnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan dan Keselamatan Dinas Perhubungan Pessel, Fadli Amra mengatakan, pemilihan pelajar pelopor keselamatan LLAJ itu, mendatangkan tim penguji dari unit Satlantas Polres Pessel, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

"Tahun 2018 ini, ada tiga orang yang terpilih sebagai pelajar pelopor keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Diantaranya, juara 1 Gusti Kartika dari SMAN 1 Tarusan, juara 2 Arrafi Adha Yuda dari SMAN 3 Painan dan juara 3 Ciya Gusyaf Perta dari SMAN 2 Painan," jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, tahun 2017 lalu, salah seorang utusan Pessel bernama Efanda Travolta dari SMAN 2 Painan, sempat maju ke tingkat nasional melalui pemilihan pelajar pelopor keselamatan LLAJ.

"Saat itu, ia menjadi utusan Sumbar di tahun 2017, karena melalui pemilihan pelajar pelopor keselamatan tingkat provinsi, ia meraih juara 2," terangnya.

Lebih dari itu, pihaknya berharap agar tiga pelajar pelopor keselamatan LLAJ tingkat kabupaten tahun 2018 itu, kembali pula mengukir prestasi di tingkat provinsi dan nasional.

"Harapan kita, tentunya mereka ini mampu pula maju ketingkat provinsi dan nasional untuk mewakili Pessel kembali," tutupnya. (h/mg-kis)

 

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]