Royalti Batu Bara di Sawahlunto Diperkirakan Tembus Angka Rp14 M


Jumat, 20 April 2018 - 11:47:24 WIB
Royalti Batu Bara di Sawahlunto Diperkirakan Tembus Angka Rp14 M Ilustasi/Haluan

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Penerimaan royalti batu bara bagi Kota Sawahlunto dipastikan mengalami kenaikan. Dari target Rp4,94 miliar yang ditargetkan, dalam kurun waktu triwulan pertama sudah mencapai Rp4,63 miliar.

Pemasukan royalti batu bara yang menjadi bagian dana transfer pusat dari sektor bagi hasil bukan pajak itu, diperkirakan akan mampu menembus angka Rp14 miliar hingga tutup tahun 2018 ini.

"Insya Allah, dalam tiga triwulan ke depan, pemasukan royalti batu bara bisa mencapai tiga kali lipat dari target yang ada," ujar Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kota Sawahlunto, Buyung Lapau, Kamis (19/4).

Menurut pria yang juga Ketua Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Kota Sawahlunto itu, peningkatan royalti itu, dipengaruhi peningkatan produksi batu bara, serta adanya pembayaran tunggakan tahun sebelumnya yang dibayarkan pengusaha batu bara.

Buyung Lapau meyakini, dalam sembilan bulan ke depan, royalti batu bara yang akan diterima setidaknya mampu mencapai Rp10 miliar lagi. Sehingga dalam 2018, diperkirakan royalti batu bara akan mampu menyumbangkan pemasukan hingga Rp14 miliar lebih.

Dengan demikian, menurut lulusan STIA LAN RI dan Pascasarajana UGM, pemasukan dari royalti batu bara tersebut, akan mampu menyokong anggaran belanja dalam perubahan APBD Sawahlunto mendatang. (h/nto)

 





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM