Parkir Gerobak, Keindahan Sawahlunto Terusik


Jumat, 20 April 2018 - 11:52:08 WIB
Parkir Gerobak, Keindahan Sawahlunto Terusik TERLIHAT sejumlah gerobak kali lima milik pedagang parkir di halaman gedung GPK Kota Sawahlunto, Kamis (19/4). Keberadaan gerobak ini dinilai merusak estetika keindahan bangunan. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Banyaknya gerobak pedagang yang parkir di kawasan bangunan tua Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Sawahlunto, dinilai mengurangi keindahan bangunan tua itu. Bahkan terkesan mengabaikan estetika pelestarian gedung heritage tersebut, yang sudah terdaftar didalam cagar budaya nasional kota lama tambang batu bara Sawahlunto.

"Tidak semestinya gerobak kaki lima itu parkir dikawasan GPK. Selain tidak enak dipandang, tentu juga mengurangi estetika keindahan bangunan tua yang telah menjadi bagian dari situs cagar budaya," ungkap Dion (25), salah seorang warga.

Baca Juga : Kapolres Inhu Jebloskan Ratusan Tersangka Narkoba ke Penjara

Pemandangan ini, sebutnya, terkesan biasa saja oleh pihak terkait dalam hal ini pemerintah daerah karena melakukan pembiaran kepada pedagang untuk menumpuk gerobaknya di kawasan GPK itu. Padahal sebut Dion, GPK yang berada di pusat kota, tentu menjadi perhatian bagi orang yang berkunjung kekota ini.

"Harapan besar tentu berada di pihak terkait untuk menertibkan dan menjaga lingkungan bangunan heritage ini agar senantiasa cantik dan terawat," harapnya.

Baca Juga : Ada Truk CPO Terperosok, Jalan Lintas Kinali-Padang Macet

Haikal (32), salah seorang warga lainnya menilai, keindahan bangunan peninggalan zaman kolonial Belanda itu menjadi terganggu akibat parkir gerobak tersebut. Padahal bangunan tua itu menjadi salah satu spot angel foto yang sering diabadikan oleh warga maupun wisatawan.

"Penertiban ini harus dilakukan dalam upaya menjaga kelestarian bangunan itu. Apalagi saat ini Sawahlunto tengah berjuang untuk mendapat pengakuan sebagai kota warisan dunia oleh UNESCO," ujar Haikal.

Baca Juga : Musibah di Jumat Petang, Empar Rumah Hangus Terbakar

Pantauan Haluan, selain parkir gerobak di GPK, gerobak yang terparkir di sekitar jalan Tangsi Rantai dan di bawah SMPN 1 Sawahlunto juga terlihat merusak keindahan kota dan juga membahayakan bagi pengendara yang melintas dikawasan tersebut. Banyak warga menilai persoalan parkir gerobak dikota ini termasuk lamban ditangani oleh pihak terkait. Hal sepele yang selama ini kurang menjadi perhatian, akan bisa berdampak besar nantinya jika terus dibiarkan.

Menaggapi hal tersebut, pihak pengelola GPK Dinas Kebudayaan, Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto dalam waktu dekat ini akan melakukan penertiban dan pembersihan disekitar GPK.

Baca Juga : Dua Orang Hilang Terseret Ombak di Perairan Pesisir Selatan

"Kami telah memanggil para pemilik gerobak dan meminta agar tidak lagi menempatkan gerobaknya di sekitar GPK. Jika tidak diindahkan, kita akan meminta penegak Perda untuk menertibkannya," ungkap Citra Eng Gusti, Kasubag SDM Dinas Kebudayaan, Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman setempat kepada Haluan. (h/mg-rki)

 

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]