Simpan Sabu di Celana Dalam, Pria Ini Diciduk BNN Sumbar


Selasa, 24 April 2018 - 16:14:45 WIB
Simpan Sabu di Celana Dalam, Pria Ini Diciduk BNN Sumbar Tersangka penyalahguna narkoba yang ditangkap BNN Sumbar. Irham

PADANG, HARIANHALUAN.COM – BNN Provinsi Sumbar mengungkap peredaran melalui transportasi udara, Minggu (22/4). Seorang pria asal Aceh yang sudah diintai petugas, MR (22) diamankan setelah kedapatan membawa sabu sebanyak 215 gram. Pengintaian petugas sudah dilakukan sejak bertolak dari Bandara Kuala Namu, Medan.

Kabid Berantas BNN Sumbar, AKBP H Emrizal Hanas mengatakan, dalam proses pengintaian tersebut, pihak BNN bekerja sama dengan Angkasa Pura dan maskapai Lion Air yang ditumpangi MR. Alhasil, dari kerja sama itu, BNN bisa “menempatkan” petugasnya duduk di kursi tepat di belakang MR.

Baca Juga : Mengupas Pasukan Pembungkam Aktivis di Saudi, Pembunuh Jamal Khashoggi

“Sebenarnya, sudah enam bulan kami melakukan pengintaian terhadap tersangka. Seorang anggota BNN sengaja memesan tiket maskapai penerbangan Lion Air tepat di belakang kursi tersangka. Hingga sampai di Bandara Internasional Minangkabau, tersangka berhasil diamankan dan tidak ada mengganggu kenyamanan penumpang lain,”kata mantan Wakapolres Limapuluh Kota ini.

Setelah diamankan, tersangka digeledah di ruang bea cukai dan petugas berhasil menemukan barang bukti di selangkangan pakaian dalam tersangka. Kini, barang bukti tersebut sudah diamankan dan dibawa ke kantor BNN bersama tersangka. Sebelum sampai di kantor petugas melakukan pengembangan untuk si penerima yang memesan barang di Padang.

Baca Juga : 10 Juta Orang Menjomblo di Rusia, Pemerintah Wajibkan Pria Miliki Dua Istri atau Lebih

Setelah melakukan pengembangan, petugas berhasil mengamankan si penerima barang bukti inisial “FR” (32) di jalan Prof. Dr. Hamka di depan kampus UNP. MR sendiri saat itu ditugaskan untuk memancing FR bertransaksi dengan dia.

“Untuk barang bukti yang disita ada dua paket sedang narkoba jenis Sabu dengan berat bruto 215 gram. Lalu, ada  HP android, dua buah boarding pass serta dua passport atas nama MR, termasuk uang tunai Rp540 ribu. Kami juga mengamankan dua buku tabungan atas nama MR dan satu buah kartu debet dan KTP, juga celana dalam dimana tersangka menyembunyikan barang bukti,”katanya.

Baca Juga : Bill Gates Peringatkan Cuaca di Bumi Bakal Makin Gila

Dari penelusuran, paspor MR ini sering digunakan untuk bolak balik ke Malaysia. Kemudian untuk tindak lanjut kasus tersangka ini dikenakan pasal 112 ayat 2 dan 114 ayat 2 uu No. 35 tahun 2009 ancaman hukuman 20 tahun dan denda Rp10 miliar.

Selain mengamankan MR dah FR, menurut H Emrizal Hanas, pihaknya juga mengamankan tersangka lain inisial HK (36), keesokan harinya. Ia  merupakan seorang driver ojek online dan ditangkap  di jalan Gunung singgalang, Gunung Pangilun. Dari tangannya, petugas menyita satu paket sabu, HP, helm warna hijau merek go jek dan satu unit sepeda motor

Baca Juga : Satu Orang Tewas Saat Polisi Bubarkan Demonstran di Myanmar

“Tersangka akan dijerat dengan pasal 112 ayat 1 dan pasal 127 ayat 1 uu no.35 tahun2009,”tutupnya. (h/mg-ham)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]