Seluruh Fakultas Disurati, Unand Kembalikan Uang Negara


Rabu, 25 April 2018 - 10:50:28 WIB
Seluruh Fakultas Disurati, Unand Kembalikan Uang Negara Ilustasi.NET

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Universitas Andalas (Unand) secara lembaga mengaku telah menindaklanjuti hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait pemberian Tunjangan Hari Raya kepada seluruh dosen Unand pada 2015 lalu. Pengumuman sudah disampaikan ke setiap fakultas, yang meminta para dosen segera mengembalikan THR tersebut.

Wakil Rektor II Unand Prof Syafrizal mengatakan, pada prinsipnya Unand sebagai lembaga yang berjalan menggunakan keuangan negara, bersikap kooperatif atas temuan BPK tersebut. Karena memang sesuai aturannya pada waktu itu (2015), tidak dibenarkan membayarkan THR kepada dosen.

Baca Juga : Kecelakaan Maut, Dua Pengendara Sepeda Motor Tewas

“Aturan pengembalian itu tepat, prinsipnya kami tentu kooperatif. Edaran ke fakultas sudah disampaikan agar para dosen segera mengembalikan uang tersebut. Namun, memang belum semuanya mengembalikan mungkin karena pertimbangan masing-masing,” sebut Syafrizal usai menghadiri kuliah umum di Convention Hall Unand, Selasa (24/4).

Pada dasarnya, lanjut Syafrizal, pengauditan yang dilakukan oleh BPK terhadap Unand juga dilakukan di seluruh perguruan tinggi. Sehingga, hasil temuan BPK tersebut tidak perlu dianggap sebagai sebuah masalah, selama temuan itu ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku.

Baca Juga : Beraksi Lagi dan Melawan, Seorang Residivis Curanmor Tewas Ditembak

“Ada beberapa dosen yang masih tidak mengerti dan bertanya-tanya mengapa harus dikembalikan lagi. Ya itu kami tunggu. Prinsipnya secara aturan tahun itu sudah tidak boleh memberikan THR. Sekarang, disuruh kembalikan, saya kira tidak ada masalah. Tinggal kembalikan saja,” katanya lagi.

 Syafrizal mengaku belum memperoleh laporan angka-angka uang negara yang harus dikembalikan, yang sudah dikembalikan, dan yang belum dikembalikan oleh para dosen atas temuan BPK ini.

Baca Juga : Penyelundupan Minuman Keras dari Malaysia Digagalkan Petugas BC

“Kebijakan rektor sebelumnya pada 2015, jumlahnya Rp500 ribu per orang. Berapa totalnya dan yang sudah kembalikan, itu saya belum dapat laporannya,” imbuhnya.

Pendek kata, tambah Syafrizal, bukan waktunya lagi untuk mendiskusikan perihal temuan BPK tersebut. Terpenting saat ini, adalah bagaimana tindak lanjut yang dilakukan, dan kesediaan dosen untuk mengembalikan sepenuhnya kepada kas negara.

Baca Juga : Dua Warung Ludes Terbakar di Limo Kaum Tanah Datar

“Ini persoalan administrasi, ya diperbaiki saja. Karena jumlah dosen itu banyak, makanya ada proses juga dalam tindak lanjut ini. Tapi sejauh ini, tidak ada surat resmi yang masuk, yang menyatakan keberatan,” tutupnya.

Dalam temuan BPK, seluruh dosen Unand diminta mengembalikan uang THR tahun 2015 ke kas negara. Selain THR, uang Bahan Bakar Minyak (BBM) dan tunjangan Tupoksi juga harus dikembalikan. Seorang dosen Fakultas Ekonomi Unand, THR yang dikembalikan jumlahnya sekitar Rp500 ribu. Tahun 2015 itu, hampir seluruh dosen Unand yang menerima THR.

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Februari 2021 - 00:06:40 WIB

    Kecelakaan Maut, Dua Pengendara Sepeda Motor Tewas

    Kecelakaan Maut, Dua Pengendara  Sepeda Motor Tewas Dua orang pengendara sepeda motor tewas dallam kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Medan-Banda Aceh tepatnya di Desa Mane Tunong, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (24/2/2021)..
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 00:01:06 WIB

    Beraksi Lagi dan Melawan, Seorang Residivis Curanmor Tewas Ditembak

    Beraksi Lagi dan Melawan, Seorang  Residivis Curanmor Tewas Ditembak Seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang melakukan aksinya di Kota Bandung, Jawa Barat tewas ,ditembak aparat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung, Rabu malam. .
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 23:08:22 WIB

    Penyelundupan Minuman Keras dari Malaysia Digagalkan Petugas BC

    Penyelundupan Minuman Keras dari Malaysia Digagalkan Petugas BC Penyelundupan ratusan botol minuman keras ilegal asal Malaysia di Pelabuhan Rakyat Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan, digagalkan petugas Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Dumai, Selasa (23/2) sekitar pukul 22.00 ma.
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 22:34:48 WIB

    Dua Warung Ludes Terbakar di Limo Kaum Tanah Datar

    Dua Warung Ludes Terbakar di Limo Kaum Tanah Datar Dua unit warung di Jorong Tigo Tumpuak, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum, tepatnya di depan MAN 2 Tanah Datar ludes terbakar, Rabu (23/2/2021) sekira pukul 19.30 WIB..
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 22:06:05 WIB

    Perdagangkan Bayi, Empat Orang Jadi Tersangka

    Perdagangkan Bayi, Empat Orang Jadi Tersangka Satu orang lagi sebagai tersangka kasus penjualan bayi di Kota Medan, ditetapkan Kepolisian Daerah Sumatera Utara  sehingga total menjadi empat tersangka..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]