Direncanakan 400 Unit, Pemko Padang Siapkan Angkutan Lingkungan


Rabu, 25 April 2018 - 11:08:30 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Direncanakan 400 Unit, Pemko Padang Siapkan Angkutan Lingkungan Ilustasi/Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 2.226 angkutan kota (angkot) rencananya akan dialihkan ke angkutan massal dan angkutan lingkungan.

Saat ini rencana pengalihan tersebut sedang dalam kajian dan perbincangan dengan pengusaha angkot.

Kepala Dinas Perhubungan Dedi Henidal pada Haluan, Senin (23/4) menjelaskan akan disediakan 400 angkutan lingkungan roda tiga dan roda empat.

“Kami tidak boleh menyebut merek seperti bajay, bemo atau semacamnya. Yang benar yaitu angkutan lingkungan roda tiga dan roda empat rencananya sebanyak 400 unit. Untuk angkutan masal seperti Trans Padang perbandingannya tiga angkot bisa jadi satu bus. Namun itu yang sedang kita matangkan,” ujar Henidal.

Dijelaskannya, sebanyak 2.226 angkot tersebut sudah ada izin trayeknya. Jadi, pemerintah sedang melakukan kajian soal peralihan ke angkutan lingkungan ini supaya tidak ada yang merasa berkecil hati.

“Ini perlu kajian dalam supaya pengusaha angkot bisa diajak bekerja sama dan tidak ada yang merasa dirugikan. Bagaimana tujuan kita tercapai dan semua pihak mendukung,” katanya.

Peralihan tersebut dilakukan tak lain menyukseskan angkutan massal di enam koridor. Jika angkutan lingkungan berhasil dilakukan maka mengaktifkan angkutan massal akan mudah digerakkan.

“Diharapkan tahun ini bisa rampung,” imbuh Henidal.

Untuk izin trayek angkutan lingkungan tersebut benar-benar akan diaktifkan di lingkungan. Seperti di setiap kecamatan yang tidak dilalui angkutan massal.

“Angkutan lingkungan ini akan berfungsi sebagai penyambung. Selain itu kita benar-benar akan terapkan angkutan yang nyaman bagi penumpang. Kita akan buatkan standar aturan supaya imej angkutan ugal-ugalan tidak ada lagi,” ungkapnya. (h/win)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Januari 2018 - 22:02:22 WIB

    Direncanakan Enam Koridor, Trans Padang Idealnya 254 Unit

    Direncanakan Enam Koridor, Trans Padang Idealnya 254 Unit PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Perhubungan Dedi Henidal menyampaikan, angkutan massal Bus Trans Padang secara keseluruhan harusnya berjumlah 254 unit armada untuk enam koridor. Namun, yang terealisasi hingga saat ini.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM