KI Putuskan Perkara Sengketa Informasi Nagari Sundatar


Rabu, 25 April 2018 - 21:15:48 WIB
KI Putuskan Perkara Sengketa Informasi Nagari Sundatar Majelis Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat

PADANG, HARIANHALUAN.COM--Komisi Informasi Publik Sumatera Barat memutus perkara sengketa informasi Nomor: 27/X/KISB-PS/2017, melalui putusan Nomor 26/PTSN-PS/KISB/IV/2018 antara Masyarakat Nagari Sundata, Kabupaten Pasaman sebagai pemohon terhadap Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Provinsi Sumatera Barat.

Dalam press release yang diterima harianhaluan.com, Rabu (25/4), putusan yang dibacakan pada Rabu 25 April 2018 oleh Majelis Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat Syamsu Rizal, S.E (Ketua Majelis), Adrian Tuswandi, S.H (Anggota) dan Sondri, S.Pd (Anggota) menyatakan kemenangan atas permohonan informasi bagi masyarakat.

Baca Juga : Kunjungi Sekolah, Genius Umar Kenang Masa SMPnya

Givial Apris sebagai perwakilan masyarakat Nagari Sundata dan Beni Iryan Purna, S.H sebagai kuasa pemohon yang hadir pada sidang pembacaan putusan tersebut tampak senang mendengar putusan tersebut. Suasana ruang sidang utama Komisi Informasi Publik Sumatera Barat sontak berubah menjadi haru bahagia, karena informasi publik yang dicari sebagai dasar mengetahui Usaha pertambangan yang dikabarkan masuk ke wilayah masyarakat didapatkan kepastiannya.

Setelah melalui berbagai persidangan Permohonan dengan Akta Registrasi Sengketa Nomor: 27/X/KISB-PS/2017 sidang Ajudikasi tanggal 9 Maret 2018 lalu, kemudian sidang mediasi pertama dilakukan pada hari Rabu 21 Maret 2018.

Baca Juga : Los Pasar Balai Naras Pariaman Sudah Ditempati Pedagang

Selanjutnya sidang mediasi kedua dilaksanakan pada hari Rabu 28 Maret 2018 dengan hasil (1) Pihak Kedua (Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat) akan menyerahkan dokumen yang ada dan dikuasi kepada Pihak Pertama (2) Sebagai dokumen yang diminta tidak bisa diserahkan karena prosesnya belum selesai sehingga dokumen tersebut tidak ada secara otomatis (3) Kedua belah pihak sepakat menyatakan bahwa penyelesaian sengketa ini berakhir dengan penyerahan dokumen sebagaimana pada poin nomor 1 (satu) sesuai Berita Acara Mediasi.

Putusan tersebut akhirnya memberikan  data salinan seperti Izin Usaha Pertambangan Eksplorasi, Salinan Surat Pemohonan Peningkatan PT Anugerah Batu Hirang ketahapan Operasi Produksi, Salinan SK Gubernur Sumatera Barat Nomor 544-447-2015 Tentang Persetujuan Penciutan Wilayah Izin Usaha Pertambangan Eksplorasi atas nama PT.Anugerah Batu Hirang di Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat, salinan dokumen pembayaran iyuran tetap (landrent) dan royalti PT. Anugerah Batu Hirang. 

Baca Juga : Kunjungi Bonjol, Wabup Sabar AS Minta Pelaku Ekonomi Kreatif Diperhatikan

Givial Apris Masyarakat Nagari Sundata yang hadir dalam sidang putusan ini mengatakan, putusan ini penting bagi masyarakat untuk mengetahui informasi pembangun ataupun investasi yg akan masuk ke wilayah warga. 

"Dalam hal ini usaha pertambangan PT.Anugerah Batu Hirang, melalui putusan KIP dan dokumen yang diserahkan ini akan kami jadi pegangan untuk menentukan sikap terhadap pembangun dan investasi yg akan masuk jika berdampak buruk jelas akan kami tolak," terangnya.

Baca Juga : Hujan Tidak Merata, Hotspot Masih Terpantau di Sumbar

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]