Tercatat Hanya 7 Orang, TKA di Perusahaan Sawit Pasbar Belum Terdata


Jumat, 27 April 2018 - 10:42:27 WIB
Tercatat Hanya 7 Orang, TKA di Perusahaan Sawit Pasbar Belum Terdata Ilustasi/Haluan

PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di perusahaan kelapa sawit di daerah Pasaman Barat masih misteri. Dari  kurang lebih 15 perusahaan sawit yang beroperasi di sana TKA yang tercatat di Kantor Imigrasi Kelas II Agam hanya tujuh orang. Keterbatasan kewenangan pemda untuk menilisik hal ini lebih jauh menjadi kendala untuk mengungkap hal ini.

Dalam rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Pasbar bersama Imigrasi Kelas II Agam, Kesbangpol, Polri, kejaksaan, OPD yang berwenang, hingga seluruh camat diketahui, jika di setiap perusahaan kelapa sawit tersebut memiliki TKA. Namun, karena pemerintah daerah tidak memiliki dasar hukum yang kuat untuk mengetahui keberadaan orang asing, kondisi tersebut menjadi luput dari perhatian.

Baca Juga : 34 DPD Demokrat Sampaikan Ikrar Setia, AHY: Moeldoko Musuh Bersama

"Di Kecamatan Kinali saja, memiliki 7 perusahaan kelapa sawit dan kami yakin 6 diantaranya memiliki TKA. Sedangkan di Pasbar memiliki lebih kurang 15 perusahaan kelapa sawit,” terang Kasi Trantib Kecamatan Kinali, Arfan.

Namun, kata Arfan, pihaknya tidak punya data pasti tentang hal itu karena keterbatasan kewenangan tersebut.

Baca Juga : Diselundupkan ke Sel, Petugas Lapas Temukan Ganja dalam Kemasan Teh dan Keripik

“Dengan adanya Timpora ini, kami berharap keberadaan TKA bisa kita ketahui dengan tujuan jika ada sesuatu yang ditimbulkan oleh TKA tersebut kita akan cepat menanganinya," tandas.

Ia meminta pihak Kantor Imigrasi agar bisa melakukan pengawasan terhadap TKA yang ada di perusahaan. Tujuannya bukan saja melakukan pengawasan, namun menertibkan izin tinggal mereka apakah sudah sesuai dengan peruntukannya atau bagaimana. "Apakah sebagai TKA atau hanya sebagai pelancong yang sambilan bekerja," kata Arfan lagi.

Baca Juga : Beraksi di Pasar, Dua Induak-induak Diciduk Polisi Karena Curi Handphone

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]