Pemuda Harus Paham Empat Pilar Kebangsaan


Jumat, 27 April 2018 - 19:57:50 WIB
Pemuda Harus Paham Empat Pilar Kebangsaan Anggota MPR RI, Leonardy Harmainy bersama Ketua LKAAM Sumbar, Sayuti Datuak Rajo Pangulu di Asrama Haji Tabing, Kamis (26/4). Akmal

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota MPR RI, Leonardy Harmainy sosialisasikan empat pilar kebangsaan. Leonardy menilai, pemahaman empat pilar kebangsaan perlu ditularkan kepada generasi muda. Pasalnya, saat ini banyak nila-nilai yang terkandung dalam Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mulai pudar ditengah generasi muda.

"Oleh karena itu DPD RI wajib melakukan sosialisasi empat pilar ini. Sehingga, generasi muda memahami nilai yang terkandung dalam empat pilar ini," ujarnya saat membuka sosialisasi empat pilar di Asrama Haji Tabing, Kamis (26/4).

Baca Juga : Dongkrak Taraf Hidup Petani, Pengembangan Tanaman Porang Jadi Program Unggulan Satu Desa di Solsel

Dilanjutkannya, memberikan kembali pemahaman kepada semua elemen, termasuk LKAAM sangat penting. Sebab, LKAAM berperan melakukan pembinaan dan pengajaran kepada anak, keponakan dan masyarakat nagari masing-masing.

"LKAAM akan memberikan pemahaman ini kembali kepada anak, keponakan dan masyarakat nagarinya, terutama generasi muda. Sehingga, dapat menangkal generasi muda pada pengaruh yang negatif dengan memberikan pendekatan empat pilar ini," katanya.

Baca Juga : Sebanyak 27.798 Orang di Sumbar Telah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Selain itu, sosialisasi empat pilar juga di isi beberapa narasumber, yaitu dari Asisten 1 Setdaprov Sumbar Devi Kurnia, Kasi Ter Korem 032/Wirabraja Kolonel Inf Muhammad Asep Afandi dan Pakar Pendidikan dari Universitas Negeri Padang (UNP) Prof.Dr. Syofiarma Marsidin.

Ketua LKAAM Sumbar, Sayuti Datuak Rajo Pangulu menyebutkan, banyaknya terjadi perpecahan dan gejolak di Indonesia disebabkan ketidakpahaman anak bangsa dalam memaknai emapt pilar kebangsaan. Padahal dalam pilar kebangsaan lengkap semua nilai dan aturan hidup berbangsa dan negara.

Baca Juga : Positif Corona di Sumbar Bertambah 87 Orang, Total 29.467 Kasus

"Maka, pemahaman itu perlu kita tularkan kembali, bagaimana masyarakat punya penafsiran yang sama dari ke empat poin pilar kebangsaan tersebut," ulasnya. (h/mg-mal)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]