Jalan Provinsi di Solsel Ini Dipenuhi Lumpur, Anak Sekolah Sering Terjatuh


Senin, 30 April 2018 - 10:24:07 WIB
Jalan Provinsi di Solsel Ini Dipenuhi Lumpur,  Anak Sekolah Sering Terjatuh Kondisi ruas jalan provinsi Sumbar di Bukit Manggiu, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir Solsel ketika musim hujan. Badan jalan ditimbun material tanah yang membahayakan pengendara. IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-  Masyarakat Solok Selatan (Solsel) mengeluhkan kondisi ruas jalan provinsi Sumatra Barat (Sumbar) di kawasan Bukit Manggiu Kecamatan Sangir, Solsel yang membahayakan pengguna jalan. 

Terutama, saat musim hujan. Pasalnya, material tanah bekas pelebaran jalan yang ditumpuk dipinggir jalan terbawa air sehingga menutupi badan jalan dan menutup saluran kepala irigasi pertanian masyarakat di Nagari Padang Air Dingin, Sangir Jujuan. 

Baca Juga : Kecelakaan Maut, Dua Pengendara Sepeda Motor Tewas

Ruas jalan provinsi di kecamatan Sangir itu berbatasan dengan kecamatan Sangir Jujuan, merupakan akses satu-satunya masyarakat di tiga kecamatan menuju pusat kabupaten di Padang Aro, Sangir.

Masyarakat yang menggunakan akses tersebut yakni, masyarakat kecamatan Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo dan Kecamatan Sangir Batang Hari.  

Baca Juga : Beraksi Lagi, Seorang Residivis Curanmor Tewas Ditembak

"Kemarin, Sabtu (28/4) sekitar dua ratus orang mahasiswa jurusan Sejarah Universitas Andalas (Unand) naik truk di lokasi ruas jalan itu karena tidak bisa dilalui bus yang membawa mahasiswa dari Padang, para mahasiswa itu hendak menuju Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan untuk melaksanakan studi lapangan tentang sejarah PDRI di nagari Bidar Alam," kata Wakil Ketua DPRD Solsel, Ali Sabri Abbas pada Haluan, Minggu (29/4).

Kondisi tersebut, kata Ali sangat memalukan. Ruas jalan itu merupakan jalan provinsi.

Baca Juga : Penyelundupan Minuman Keras dari Malaysia Digagalkan Petugas BC

"Apa bentuk perhatian pemerintah provinsi?. Jika diperbaiki oleh pemerintah kabupaten Solsel tentu tidak bisa sebab bukan kewenangan kabupaten. Sementara yang 'dihujat' pemerintah kabupaten, termasuk saya yang tiap hari melewati jalan itu," tandas Ali.

Ali melanjutkan, apa yang terjadi dengan pemerintah provinsi Sumbar. Ia mengatakan, masyarakat awam yang tidak mengerti, tentunya menyalahkan pemkab Solsel dan anggota DPRD padahal merupakan kewenangan provinsi.

Baca Juga : Dua Warung Ludes Terbakar di Limo Kaum Tanah Datar

"Saya tidak habis pikir. Secara politis, pak Irwan Prayitno menang telak di Solsel, kemudian, anggota DPRD Provinsi asal Solsel juga ada dua orang. Padahal, ruas jalan provinsi sudah semakin pendek sebab, ruas jalan Lubuk Selasih-Kerinci, Jambi merupakan jalan nasional. Sementara APBD Sumbar cukup besar," beber Ali.

Terpisah, Sekretaris Nagari Padang Air Dingin, Nopa Melodi Sandra menyebutkan kondisi jalan tersebut sangat menyulitkan masyarakat ketika melewati saat hujan. Terutama, pelajar dan guru.

"Kasihan kita, apalagi pelajar. Saat hujan, mereka sudah membuka sepatu melewati jalan itu dan sesampai di sekolah, pakaian sudah kotor. Begitu juga pegawai pemkab. Memang susah dilewati," ujarnya.

Nopa menambahkan, masyarakat nagari Padang Air Dingin, terutama Jorong Sikayan Talang dan Jorong Padang Air Dingin kerap melakukan gotong royong untuk membersihkan material dari badan jalan dan yang menutupi kepala irigasi pertanian masyarakat.

"Kemarin, (Sabtu.red) masyarakat goro sebab ada Wakapolda yang melewati ruas itu. Jadi dengan keadaan jalan seperti itu kita swadaya membersihkan," lanjutnya.

Selain itu, imbuh Nopa, irigasi pertanian warga juga terancam jika hujan melanda yang menutup kepala bandar irigasi.

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Februari 2021 - 00:06:40 WIB

    Kecelakaan Maut, Dua Pengendara Sepeda Motor Tewas

    Kecelakaan Maut, Dua Pengendara Sepeda Motor Tewas Dua orang pengendara sepeda motor tewas dallam kecelakaan maut terjadi di Jalan Raya Medan-Banda Aceh tepatnya di Desa Mane Tunong, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (24/2/2021)..
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 00:01:06 WIB

    Beraksi Lagi, Seorang Residivis Curanmor Tewas Ditembak

    Beraksi Lagi, Seorang  Residivis Curanmor Tewas Ditembak Seorang pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang melakukan aksinya di Kota Bandung, Jawa Barat, tewas,ditembak aparat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung, Rabu malam. .
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 23:08:22 WIB

    Penyelundupan Minuman Keras dari Malaysia Digagalkan Petugas BC

    Penyelundupan Minuman Keras dari Malaysia Digagalkan Petugas BC Penyelundupan ratusan botol minuman keras ilegal asal Malaysia di Pelabuhan Rakyat Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan, digagalkan petugas Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Dumai, Selasa (23/2) sekitar pukul 22.00 ma.
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 22:34:48 WIB

    Dua Warung Ludes Terbakar di Limo Kaum Tanah Datar

    Dua Warung Ludes Terbakar di Limo Kaum Tanah Datar Dua unit warung di Jorong Tigo Tumpuak, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Lima Kaum, tepatnya di depan MAN 2 Tanah Datar ludes terbakar, Rabu (23/2/2021) sekira pukul 19.30 WIB..
  • Rabu, 24 Februari 2021 - 22:06:05 WIB

    Perdagangkan Bayi, Empat Orang Jadi Tersangka

    Perdagangkan Bayi, Empat Orang Jadi Tersangka Satu orang lagi sebagai tersangka kasus penjualan bayi di Kota Medan, ditetapkan Kepolisian Daerah Sumatera Utara  sehingga total menjadi empat tersangka..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]