Stay Cool, Pak Gubernur


Selasa, 01 Mei 2018 - 20:59:08 WIB
Stay Cool,  Pak Gubernur Ronny P Sasmita (dok. facebook)

Oleh: Ronny P Sasmita

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno berencana untuk menggugat harian Haluan,  terkait pemberitaan yang ditayangkan media tersebut beberapa waktu lalu. Begitulah kira-kira inti cerita yang sempat mampir ke layar ponsel saya baru-baru ini. Sayapun tak terlalu mengikuti perkembangan pemberitaan yang membawa-bawa nama beliau tersebut.  

Baca Juga : Prabowo dan Habib Rizieq

Konon berawal dari pemberitaan terkait salah satu "berita acara persidangan",  di mana salah satu tersangka menyebutkan nama sang Gubernur sebagai salah seorang yang ikut menikmati uang yang diduga hasil korupsi dengan kerugian negara sekira 63 miliar. 

Dengan menampilkan barita acara secara apa adanya,  dianggap Haluan telah ikut menggiring opini sesat seolah-olah sang Gubernur memang ikut terlibat.  Padahal di mata pihak penguasa tersebut,  pernyataan dalam berita acara itu baru sekedar pernyataan atau pengakuan sepihak yang perlu divalidasi kebenarannya terlebih dahulu.  Secara prosedural,  rasanya memang sedikit janggal jika Gubernur langsung menuju kantor Polisi untuk melaporkan salah satu media yang beliau anggap telah menggiring opini publik.  

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

Pertama,  yang ditayangkan Haluan adalah berita acara.  Setelah saya baca-baca link pemberitaannya,  ya memang isinya adalah berita acara  persidangan.  Secara etika,  masih panjang waktu untuk melanjutkan kisahnya dengan menampilkam respon pihak Gubernur.  Tapi tidak berarti pemberitaan tersebut bertendensi menggiring opini publik yang bisa diperkarakan secara langsung.  Dengan kata lain,  gubernur bisa menggunakan banyak instrumen klarifikasi,  verifikasi,  dan validasi, jika dianggap pemberitaan yang ditayangkan Haluan berbeda makna dengan yang dipahami oleh Gubernur. 

Kedua,  gugatan yang berbau penggiringan opini publik tersebut sangat interpretatif sifatnya.  Saya justru ragu apakah ada pasal yang benar-benar bisa mewakilinya pada kasus ini. Karena yang diberitakan oleh Haluan adalah berita acara persidangan,  bukan peristiwa atau dokumen (sumber berita)  yang diada-ada,  atau bukan dokumen yang minimal direka-reka untuk memunculkan tendensi tertentu dalam opini masyarakat. Jika kemudian pasalnya beralih kepada pencemaran nama baik,  saya pun agak ragu untuk mencocokan materi berita yang digugat dengan pasal penceramaran nama baik.  Karena rasa-rasanya agak berjauhan,  mengingat sumber beritanya berasal dari istitusi lain. 

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 Januari 2021 - 09:37:20 WIB

    Prabowo dan Habib Rizieq

    Prabowo dan Habib Rizieq Partai Gerindra sungguh seperti berkayuh di antara dua karang dalam bersikap terhadap kasus yang dialami Habib Rizieq Sihab (HRS), Ormas dan pengikutnya sekarang ini. .
  • Kamis, 31 Desember 2020 - 20:46:02 WIB

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam TAHUN 2020 segera akan berakhir. Tahun 2021 segera akan tiba. "Selamat tinggal tahun 2020. Selamat tinggal tahun kelam. Selamat tinggal tahun yang penuh dengan kepahitan hidup. .
  • Senin, 28 Desember 2020 - 14:48:33 WIB

    Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu

    Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu DARI pengalaman kita selama di tahun 2020 yang nyaris tak berhenti hidup dalam pertengkaran, hidup dalam perseteruan politik dan hukum yang berkepanjangan, sudah selayaknyalah kita mengubah pola hidup begini kepada pola hidup.
  • Ahad, 27 Desember 2020 - 21:15:22 WIB

    Catatan Akhir Tahun(1) : Ekonomi Menyedihkan

    Catatan Akhir Tahun(1) : Ekonomi Menyedihkan Begitu wabah Corona atau Covid-19 dinyatakan mewabah di Indonesia pada bulan Maret lalu, ekonomi langsung anjlok, karena kegiatan pasar langsung stagnan tiba-tiba. Pasar banyak yang ditutup. Mulai dari kegiatan pedagang kaki .
  • Jumat, 25 Desember 2020 - 13:51:03 WIB

    Pendukung Sandiaga Uno: Di Sana Engkau Tersenyum, di Sini Kami Menangis

    Pendukung Sandiaga Uno: Di Sana Engkau Tersenyum, di Sini Kami Menangis Sebagaimana kita ketahui, mantan Calon Wakil Presiden(Cawapres) Sandiaga Uno baru saja dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) bersama 5 orang Menteri lainnya, hasil reshuffl.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]