Sidang Kasus Korupsi Rumdin Wako Padang Panjang, Audit BPK Penentu Kerugian Negara


Jumat, 04 Mei 2018 - 10:37:42 WIB
Sidang Kasus Korupsi Rumdin Wako Padang Panjang, Audit BPK Penentu Kerugian Negara Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pakar hukum pidana  Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta Prof. Muzakir mengatakan audit investigatif Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang menentukan pihak-pihak yang dimintai pertanggungjawaban pidana atas temuan kerugian negara.

“Pihak-pihak yang dimintai pertanggungjawaban pidana itu adalah mereka yang diberi mandat untuk penggunaan keuangan negara,”kata Muzakir di Pengadilan Tipikor Padang, saat menjadi saksi ahli pada sidang kasus dugaan korupsi anggaran kebersihan rumah dinas, Kamis (4/5).

Baca Juga : Astaga! Ada Tanda-tanda Fase Baru Mutasi Covid-19

Kasus ini sendiri menjerat Maria Feronika, istri Wako Padang Panjang non aktif dan Richi Lima Saza selaku pengawas. Menurutnya, hal itu ia sampaikan mengingat yang menjadi dasar dalam kasus yang menjerat Maria dan Richi sebagai terdakwa adalah hasil penghitungan inspektorat.

“Berdasarkan konstitusi, BPKP dan inspektorat itu adalah pengawasan internal yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kerugian daerah,” katanya.

Baca Juga : Akan Rilis, Laporan Intelijen AS Sebut MBS Setujui Pembunuhan Khashoggi

Lebih jauh dijelaskanya, atas penggunaan keuangan negara hasil audit rutin BPK akan mengeluarkan rekomendasi pengelolaan keuangan sudah sempurna. Kesalahan administrasi yang diminta adalah dilakukannya perbaikan administrasi, kesalahan administrasi yang merugikan keuangan negara.

“Atas rekomendasi itu, ditindaklanjuti dengan perbaikan administrasi dan pengembalian keuangan negara, dan dugaan perbuatan pidana yang menyebabkan kerugian negara yang tindaklanjutnya diserahkan ke penegak hukum. Setelah itu, baru penyidik meminta BPK untuk melakukan audit investigatif. Jika tidak ditemukan kerugian negara dalam prosesnya maka masalahnya ditutup,” ucapnya.

Baca Juga : Pemerintahan Joe Biden Tuding Putra Raja Salman Dalang Pembunuhan Jurnalis AS

Namun, jika temuannya kesalahan administrasi, disempurnakan administrasinya. Tetapi jika ada perbuatan melawan hukum yang menyebabkan kerugian negara, maka itu jadi bukti perkara tindak pidana korupsi.

“Audit inilah yang akan menentukan pihak-pihak yang dimintai pertanggungjawaban pidana sesuai mandat penggunaan keuangan negara. Mandat itu berupa surat keputusan, surat tugas dan lainnya,” kata Muzakir

Baca Juga : Prediksi WHO, Corona Berakhir Awal 2022

Untuk dana swakelola tentunya kuasa pengguna anggaran (KPA), pejabat pembuat komitmen (PPK), pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) dan bendahara sebagai juru bayar.

“Pertanggungjawaban pidana adalah kepada orang atau pejabat yang berwenang mengelola keuangan negara, sesuai mandat yang diberikan kepadanya. Orang lain yang tidak diberi mandat tidak dapat dimintai pertanggungjawaban,” tegas Muzakir.

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 25 Februari 2021 - 14:41:04 WIB

    Astaga! Ada Tanda-tanda Fase Baru Mutasi Covid-19

    Astaga! Ada Tanda-tanda Fase Baru Mutasi Covid-19 Baru-baru ini sebuah penelitian di California melaporkan telah menemukan sampel dua varian virus Covid-19 yang bergabung menjadi versi virus corona. Mereka bermutasi, memicu peringatan bahwa pandemi mungkin memasuki fase baru.
  • Kamis, 25 Februari 2021 - 12:27:37 WIB

    Akan Rilis, Laporan Intelijen AS Sebut MBS Setujui Pembunuhan Khashoggi

    Akan Rilis, Laporan Intelijen AS Sebut MBS Setujui Pembunuhan Khashoggi Laporan intelijen Amerika Serikat (AS) soal pembunuhan jurnalis kawakan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, yang akan segera dirilis, menyebutkan bahwa Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman atau MBS menyetujui pembunuhan.
  • Kamis, 25 Februari 2021 - 08:14:23 WIB

    Pemerintahan Joe Biden Tuding Putra Raja Salman Dalang Pembunuhan Jurnalis AS

    Pemerintahan Joe Biden Tuding Putra Raja Salman Dalang Pembunuhan Jurnalis AS Pemerintahan Presiden Joe Biden akan merilis laporan intelijen Amerika Serikat (AS) yang tidak diklasifikasikan mengenai kematian jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, Kamis (25/2/2021). Khashoggi merupakan kolumnis Washingto.
  • Selasa, 23 Februari 2021 - 12:40:14 WIB

    Prediksi WHO, Corona Berakhir Awal 2022

    Prediksi WHO, Corona Berakhir Awal 2022 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi gambaran baru soal kapan akhir corona (Covid-19). Direktur Regional Eropa misalnya, optimis pandemi akan berakhir segera di awal 2022..
  • Ahad, 21 Februari 2021 - 16:51:44 WIB

    Pemerintah Irak Bersiap Sambut Kunjungan Paus Fransiskus

    Pemerintah Irak Bersiap Sambut Kunjungan Paus Fransiskus Pemerintah Irak mengatakan penerapan pembatasan sosial yang tengah diterapkan untuk menekan penyebaran Covid-19 tidak akan mengganggu atau mempengaruhi kunjungan Paus Fransiskus ke negara tersebut. Pemimpin tertinggi umat Kat.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]