Warga Pessel Heboh, Ada Gua yang Ditemukan di Bukit Ransam


Senin, 07 Mei 2018 - 19:48:08 WIB
Warga Pessel Heboh, Ada Gua yang Ditemukan di Bukit Ransam Sejumlah warga dan pengendara berbondong-bondong menyaksikan penemuan lubang berbentuk gua disekitar kawasan Bukit Ransam, Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai, Pessel. (Okis Mardiansyah)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Warga Kabupaten Pesisir Selatan, dihebohkan dengan penemuan lubang berbentuk gua, disekitar kawasan Bukit Ransam, Painan Selatan, Kecamatan IV Jurai. Warga menduga lubang tersebut, merupakan peninggalan jaman Belanda dahulu.

Salah seorang warga sekitar, Iyos (36) mengatakan, lubang tersebut awalnya ditemukan oleh seorang operator mesin Excavator yang sedang melakukan pengerukan pada tebing jalan nasional disekitar kawasan Bukit Ransam.

"Tadi sekitar pukul 16.00 WIB kami diberitahu oleh pekerja jalan nasional. Bahwa ia dikejutkan dengan penemuan lubang berbentuk gua tersebut, akhirnya kami berbondong-bondong mendatangi lokasi," sebutnya kepada Haluan. Senin (7/5).

Ia mengatakan, sejumlah warga telah masuk ke dalam gua tersebut sepanjang lebih kurang 8 meter. Namun, semangkin kedalam lubang tersebut semangkin mengecil, dikarenakan tertimbun tanah yang disebabkan oleh aliran air, tapi tetap tembus pandang.

"Saya menduga lubang ini adalah gua peninggalan jaman Belanda dahulu. Mereka menggunakan terowongan ini untuk pergi ke laut. Sebab, penemuan seperti ini ada satu lagi di sekitaran Bukit Lasak, pantai Mamanbay," jelasnya.

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]