Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue


Selasa, 08 Mei 2018 - 11:40:03 WIB
Tingkatkan Kompetensi Relawan, BPBD Kota Solok Gelar Pelatihan Vertical Rescue Wakil Walikota Solok,Reinier ST MM membuka pelatihan vertical Rescue bagi relawan kebencanaan.

SOLOK, HARIANHALUAN.COM- Untuk meningkatkan ketrampilan dan kompetensi SDM relawan dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi korban bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok menggelar Pelatihan Vertical Rescue Evacuation School Level 1, bertempat di Bumi Perkemahan Ampang Kualo, Senin (7/5).

Wakil Walikota Solok,Reinier ST,MM saat membuka Pelatihan Vertical Rescue Evacuation School Level 1 ini mengatakan, pengetahuan dan keterampilan dalam bidang Vertical Rescue ini sangat penting dalam meningkatkan kapasitas relawan bencana. Karena keahlian ini sangat diperlukan dalam operasi penanganan dan evakuasi korban bencana pada medan berat dan terjal.

“Pada kondisi medan yang tidak biasa atau ekstrim,penanganannya tidak bisa dilakukan dengan cara biasa,melainkan harus dilakukan dengan keahlian khusus dan keterampilan khusus serta didukung oleh peralatan keamanan yang memenuhi standar,”kata Reinier.

Dikatakannya, kehadiran relawan yang memiliki keterampilan khus ini sangat ditunggu oleh masyarakat. Mengingat daerah  Sumatera Barat merupakan daerah relawan bencana, maka diperlukan lebih banyak lagi relawan yang memiliki kompetensi dalam Vertical Rescue.

“Saya yakin dan percaya anda adalah orang-orang pilihan, karena  hanya orang-orang pilihanlah yang  terpanggil jiwanya untuk datang kesini. Saudara semua termasuk orang yang harus bangga karena diberikan kesempatan oleh Yang Maha Kuasa mengikuti pelatihan ini,” ujar Reinier.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Drs.Ori Afillo dalam laporannya menyebutkan, maksud dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk  memberikan pengetahuan dan teknik evakuasi terhadap objek, manusia ataupun barang kepada  insan kebencanaan ataupun relawan dalam upaya penanggulangan bencana.

Sehingga, kedepan tersedia tenaga relawan atau tenaga kebencanaan yang mampu dan teruji dan tidak mengenal batas administrasi dalam penanggulangan bencana.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok  selama tiga hari, 7 sampai 9 Mei 2018 yang diikuti oleh sebanyak 77 (Tujuh Puluh Tujuh) orang peserta yang berasal dari BPBD Kota Solok, BPBD Kota Sawahlunto, BPBD Sijunjung, BPBD Agam, BPBD Kabupaten Solok, BPBD Kabupaten Padang Pariaman, BPBD Kabupaten Solok Selatan, BPBD Bukittinggi, Satpol PP Bangka Belitung, KPA Caredek, Bukittinggi Rescue Team, KPA Pariaman, Penggiat Alam, PMi Bukittinggi, APGI Sumbar, Mapala, Vertical Industri Batam, serta Pramuka Peduli.(h/eri)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM