42 Ribu Calon Mahasiswa Berebut 14 Ribu Kursi di Sumbar


Selasa, 08 Mei 2018 - 12:04:05 WIB
42 Ribu Calon Mahasiswa Berebut 14 Ribu Kursi di Sumbar Dokumentasi Haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Sebanyak 42.316 calon mahasiswa akan mengikuti ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) lokal 17 Sumatera Barat, Selasa (8/5). Dari jumlah sebanyak itu, 10 orang peserta merupakan penyandang disabilitas.

Para peserta yang 42.316 peserta ujian tersebut akan bersaing untuk masuk tiga perguruan tinggi yaitu Unand, UNP dan ISI Padang Panjang.

Baca Juga : Wikan Sakarinto: Utamakan Passion Anak, Jangan Persoalkan S1 dan D4

“Enam peserta disabilitas akan ujian di Unand. Mereka memilih program sosial humaniora dan empat orang ujian di UNP dengan memilih program campuran,” ujar ketua panitia lokal 17 Dachriyanus, Senin (7/5).

Lebih jauh dijelaskannya, peserta ujian disabilitas ini akan mendapat pelayanan khusus dibandingkan yang lainnya.

Baca Juga : Sepekan Pembelajaran Tatap Muka di Palalawan, Dikbud: Aman

“Seperti untuk yang buta, mereka akan mendapat pemandu yang membacakan soal dan yang mengisi lembar jawaban,” ungkapnya.

42.316 peserta ujian ini akan tersebar di 2.067 lokal di Kota Padang.

Baca Juga : BPSDMI Dukung Politeknik ATI Padang Raih Predikat WBBM Tahun 2021

“Lokal tersebut terdapat di Unand, UNP, sekolah dan gedung-gedung swasta lainnya. Sedangkan untuk ujian computer akan digelar setelah ujian tulis dan menggunakan 50 lokal,” ungkapnya.

Untuk pengaman ujian sendiri, Dachriyanus mengaku melibatkan pihak kepolisian. “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengamankan ujian. Seperti di UNP kami bekerja sama dengan Polsek Padang Utara dan Unand bekerja sama dengan Polsek Pauh,” urainya.

Baca Juga : Rekrut Calon Anggota Paskibra, Disdikpora Kota Pariaman Roadshow ke SMA/SMK

Sementara itu daya tampung tiga kampus yang masuk SBMPTN Lokal 17 di tahun 2018 ini yaitu Unand, UNP dan ISI Padang Panjang, tidak jauh berbeda dibandingkan dengan tahun lalu. Unand memiliki daya tampung sebesar 5.500 kursi jumlah ini sama dengan tahun lalu.

“Kami tidak meningkatkan jumlah daya tampung dikarenakan keterbatasan sarana serta dosen yang akan mengajar,” ujar Rektor Unand Tafdil Husni.

Sedangkan UNP memiliki jumlah tampung tahun ini sebesar 8.001 kursi. Jumlah ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu.

“Meski memili jumlah daya tampung yang cukup banyak, hal itu sesuai dengan sarana serta dosen yang kami miliki. Untuk tahun ini saja kami kembali menerima dosen baru,” urai Rektor UNP Ganefri.

ISI Padang Panjang memiliki daya tampung sebesar 1.100 kursi. Jumlah ini meningkat 100 kursi dibandingkan tahun lalu.(h/san)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]