Mengejar Mimpi Lewat Bangku SBMPTN


Rabu, 09 Mei 2018 - 11:24:13 WIB
Mengejar Mimpi Lewat Bangku SBMPTN Seorang peserta ujian berkebutuhan khusus,  Elsi Rahmadani penyandang tuna netra sedang melaksanakan ujian SBMPTN didampingi pengawas ujian. Akmal

Keterbatasan fisik tidak membatasi Abid Tahiyyah untuk menggapai cita-citanya. Remaja penyandang disabilitas tersebut dengan semangat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Selasa (8/5). Abid benar tuna rungu, pun demikian semangatnya tetap nyalang.

Jefri & Akmal Saputra - PADANG

Baca Juga : SKB 3 Menteri Terkait Pemakaian Seragam siswa Perlu Ditinjau Ulang

Anak Ade Nusrendra (53) dan Yulianefi (51) dengan penuh semangat mengikuti ujian di yang diadakan di Gedung B Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang (FIS-UNP). Abid asal Bukiktinggi sebelumnya bersekolah di SMALB Sri Soedewi, Jambi. Dia berkeinginan besar kuliah di UNP dan keinginan tersebut didukung sepenuhnya oleh kedua orang tua abid. “Dia ingin sekali kuliah, kalau dia kuliah bisa dapat kerja, kayak orang norma begitu. Pakai dasi dan sebagainya. Semangatnya nyalang,” kata Yulianefi.

Jurusan yang dipilih Abid ketika mengikuti SBMPTN adalah Jurusan Teknik Informatika, lalu yang kedua Jurusan Penjaskes. Dia juga memiliki opsi ketiga, yakni Jurusan Pendidikan Luar biasa.

Baca Juga : Jangan Ikuti! Iblis Penebar Hoaks Pertama

“Dia berminat dengan segala hal tentang teknik informatika. Sehari-hari di depan komputer dan belajar autodidak. Ketekunan itu berbuah manis. Abid pernah memenangi perlombaan desain grafist tingkat Sumbar, kemudian diutus mewakili Sumbar pada perlombaan tingkat nasional yang diadakan di Manado tingkat SMALB se-Indonesia pada 2014. Dalam perlombaan tersebut ia masuk sepuluh besar,” papar Yulianefi.

Dalam menghadapi SMBPTN, Abid didampingi oleh Fitriani(43), seorang guru SLBN 1 Padang. Fitriani ditunjuk langsung oleh pihak UNP untuk mendampingi Abid selama tiga hari.

Baca Juga : Surau Inyiak Djambek, Warisan Gerakan Pembaruan Pemikiran Islam

“Saya cuma mengarahkan Abid untuk mengerjakan soal-soal. Dia telaten mengerjakannya,” ucap Fitriani.

Secara umum, dari sepuluh peserta berkebutuhan khusus yang terdaftar, yang mengikuti ujian hanya delapan orang. Dua peserta yang tidak mengikuti SBMPTN sudah tidak bisa di konfirmasi hingga ujian berlangsung.

Baca Juga : Prabowo dan Habib Rizieq

Iya, tahun ini ada 10 peserta kebutuhan khusus yang tercatat akan mengikuti ujian SBMPTN 2018,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Ujian SBMPTN Sumbar, Dachriyanus, saat melakukan jumpa pers di Rumah Makan Lamun Ombak, Khatib Sulaiman, Selasa (8/5).

Ia mengatakan, untuk peserta berkebutuhan khusus disediakan tempat ruangan dan pengawas ujian. “Namun ada dua orang peserta yang tidak bisa dikonfirmasi sampai dengan hari pelaksanaan. Dan dua orang itu pada hari ini tidak hadir,” katanya.

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Februari 2021 - 14:07:37 WIB

    SKB 3 Menteri Terkait Pemakaian Seragam siswa Perlu Ditinjau Ulang

    SKB 3 Menteri Terkait Pemakaian Seragam  siswa Perlu Ditinjau Ulang Ternyata persoalan pemakaian jilbab bagi siswi Non Muslim di SMKN 2 Padang,  belum berakhir. Pemberitaannya hiruk pikuk dan viral  diperbincangkan secara nasional dalam dunia pendidikan. Sampai Mendikbud terpancing angkat b.
  • Kamis, 04 Februari 2021 - 14:45:37 WIB

    Jangan Ikuti! Iblis Penebar Hoaks Pertama

    Jangan Ikuti!  Iblis Penebar Hoaks Pertama Kita barangkali akrab dengan cerita Nabi Adam ‘alaihissalam diciptakan oleh Allah SWT sebagai khalifah. Melalui anugerah ilmu, Allah memuliakan Nabi Adam di atas malaikat dan iblis..
  • Senin, 01 Februari 2021 - 16:58:52 WIB

    Surau Inyiak Djambek, Warisan Gerakan Pembaruan Pemikiran Islam

    Surau Inyiak Djambek, Warisan Gerakan Pembaruan Pemikiran Islam Syekh Muhammad Djamil Djambek adalah ulama pelopor pembaruan Islam dari Sumatra Barat awal abad ke-20, dilahirkan pada tahun 1860 di Bukittinggi, terkenal sebagai ahli ilmu falak terkemuka..
  • Senin, 04 Januari 2021 - 09:37:20 WIB

    Prabowo dan Habib Rizieq

    Prabowo dan Habib Rizieq Partai Gerindra sungguh seperti berkayuh di antara dua karang dalam bersikap terhadap kasus yang dialami Habib Rizieq Sihab (HRS), Ormas dan pengikutnya sekarang ini. .
  • Kamis, 31 Desember 2020 - 20:46:02 WIB

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam TAHUN 2020 segera akan berakhir. Tahun 2021 segera akan tiba. "Selamat tinggal tahun 2020. Selamat tinggal tahun kelam. Selamat tinggal tahun yang penuh dengan kepahitan hidup. .
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]