Tak Kuat Menahan Beban, Jembatan di Ganting Kubang Pessel Ini Amblas


Kamis, 10 Mei 2018 - 22:01:30 WIB
Tak Kuat Menahan Beban, Jembatan di Ganting Kubang Pessel Ini Amblas  Jembatan semi permanen amblas di Kampung Ganting Kubang, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang. (Okis Mardiansyah)

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Lama tak kunjung diperbaiki, jembatan semi permanen di Kampung Ganting Kubang, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), amblas saat dilintasi satu unit Colt Diesel L 300 pengangkut padi. Kamis (10/5).

Informasi yang dirangkum Haluan, jembatan yang amblas itu, memang kondisinya sudah tak sanggup lagi menahan muatan berat beban kendaraan. Selain itu, pada lantai jembatan juga terlihat banyak yang lepas dari penyangganya, sejumlah baut perekat jembatan ini tampak tidak utuh lagi dan berkarat, sehingga sangat rentan jika dilewati.

Baca Juga : Merespon Penembakan oleh Oknum Polisi, Kapolri Terbitkan Telegram

Kejadian serupa, tidak hanya dialami oleh Colte L 300 Nopol BA 8874 BQ pemgangkut Padi tersebut. Hal itu sudah sering terjadi. Namun, pengemudi angkutan seakan abai tanpa memikirkan resiko yang akan terjadi.

"Tadi terlihat ban belakang sebelah kiri mobil itu amblas. Padahal kami sudah sering menyarankan untuk menurunkan sebagian muatan terlebih dahulu. Tapi tidak didengarkan, hingga akhirnya terjadi begini," sebut Kiki (28) seorang warga setempat di lokasi kejadian.

Baca Juga : Terjadi di Tegal, Wakil Wali Kota Dilaporkan Wali Kota ke Polisi

Sementara itu, Siin (48), yang merupakan kernek mobil L 300 menyebutkan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, akibatnya akses warga menjadi terganggu dan muatan mobil Colte L 300 tersebut terpaksa diturunkan lagi dibantu oleh sejumlah warga.

"Biasanya, kata warga sekitar 35 karung muatan padi bisa dilalui. Tadi kami coba dan ternyata amblas saat kami lalui," sebutnya.

Baca Juga : Ogi Tewas Gantung Diri di Pintu Kamar Kost Kekasihnya

Melihat kondisi tersebut, ia bersama sopir mengaku tampak was-was dan cemas. Sebab, mobil yang sedang bermuatan itu amblas ke dalam sungai dibawah jembatan. Selain panjang jembatan mencapai 60 meter, ketinggian jembatan dari dasar sungai sekitar 30 meter.

"Takutnya kalau padi tidak segera diturunkan, bisa-bisa kami dan mobil terjun ke sungai. Karena, lantai jembatan sudah putus," jelasnya.

Baca Juga : Satu Korban Longsor Tambang Ilegal Masih Tertimbun

Sementara itu, terlihat dilokasi warga setempat bergegas membantu pengemudi L 300 tersebut. Sebab, jika tidak segera dibantu, maka akses lintas akan lama terhambat.

"Kami berharap, kedepan tidak ada lagi kejadian seperti ini. Sebab, kondisinya memang tidak layak. Kepada pemerintah daerah melalui pihak yang berwenang kami juga berharap agar segera diperbaiki jembatan kami yang rusak ini," sebutnya seraya berharap. (h/kis)

 

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]