Akun Facebook Alirman Sori Diretas, Digunakan Untuk Menipu Korban


Jumat, 11 Mei 2018 - 17:28:54 WIB
Akun Facebook Alirman Sori Diretas, Digunakan Untuk Menipu Korban Screenshot

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Akun jejaring sosial facebook milik seorang bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumatera Barat, Alirman Sori diretas . Peretas akun mengirimkan pesan permintaan transfer uang sebesar Rp1,5 juta.

Kejadian tersebut diketahui Alirman Sori melalui salah seorang kerabatnya, Muhammad Adli. Ia mengatakan, kejadian tersebut diketahui dari salah seorang calon korban yang mengkonfirmasi kebenaran permintaan transfer uang tersebut.

Baca Juga : Aduh, Pak Tani Ini Ketagihan Nyabu

"Saya diberitahu oleh seorang teman, ia mendapat pesan dari facebook Alirman Sori untuk permintaan transfer tersebut, lalu mengkonfirmasi apakah permintaan itu benar," sebut Adli, Kamis (10/5).

Mendapat informasi tersebut, Adli lalu menghubungi Alirman Sori yang kebetulan tengah berada di Jakarta untuk rapat sebagai anggota Lembaga Pengkajian MPR RI.

Baca Juga : 182 Pekerja Migran Nonprosedural Dipulangkan dari Malaysia

"Saya merasa aneh, Pak Alirman Sori meminta uang kepada orang lain sebesar Rp1,5 juta. Saya tahu betul beliau karena hampir lima tahun saya mendampingi beliau saat menjadi anggota DPD RI di Senayan," ungkap mantan staf pimpinan Komite I DPD RI periode 2009-2014 ini.

Setelah dipastikan akun facebook Alirman Sori diretas, Adli lalu menyampaikan pesan secara terbuka agar publik tidak mengindahkan permintaan tersebut. Dia mengajak, agar warganet yang sudah menerima pesan itu, untuk memblokir akun tersebut.

Baca Juga : Pelaku Perampok Bengkel Mobil Tertangkap

"Bahkan kalau bisa, kami berharap teman-teman facebook yang mendapat pesan ini, dapat menggiring peretas ini untuk bertemu langsung dan segera menghubungi pihak kepolisian," tegasnya.

Dalam melancarkan aksi menggarap calon korbannya, peretas akun Alirman Sori menggunakan sebuah rekening di Bank Negara Indonesia (BNI) atas nama Eka Yuliani dengan nomor rekening 069 075 9414.

Baca Juga : Diculik KKB, 27 Pelajar Telah Dibebaskan

Dihubungi terpisah, pemilik akun facebook Alirman Sori mengaku kaget dengan tindak peretasan itu. Dia berharap, pihak yang sudah menerima pesan tersebut tidak menanggapi secara serius.

"Saya mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan jangan ditanggapi. Kalau ada tindakan lain dari akun tersebut, sekali lagi saya mohon maaf," ungkapnya.

Ditanya apakah peretasan ini ada kaitan dengan pencalonannya sebagai anggota DPD RI pada pemilihan umum (pemilu) 2019, Alirman Sori belum mau menduga sejauh itu.

"Kami belum mau menduga-duga. Namun, sekali lagi saya tegaskan, akun tersebut diretas dan saya anjurkan ajukan pemblokiran lewat setelan yang tersedia di media sosial facebook tersebut," tambahnya.

Alirman Sori juga belum memastikan langkah hukum yang akan diambil terkait peretasan tersebut. Dia sudah meminta salah seorang kerabat yang mengerti teknologi informasi untuk menelusurinya.

Seperti diketahui , Dr. H. Alirman Sori mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat sebagai bakal calon anggota DPD RI periode 2019-2024. Alirman Sori pernah duduk di DPD RI pada periode 2009-2014 dan memegang posisi penting di DPD sebagai Ketua Komite I.

Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan periode 2004-2009 ini juga diketahui sebagai satu - satunya putera daerah Kabupaten Pesisir Selatan yang maju ke DPD RI, dari 26 bakal calon asal Sumatera Barat lainnya yang saat ini tengah menjalani proses verifikasi dukungan di KPU Sumatera Barat. (h/kis)

 

 

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 23:59:16 WIB

    Aduh, Pak Tani Ini Ketagihan Nyabu

    Aduh, Pak Tani Ini Ketagihan Nyabu Sehari-hari  MAR alias Agus (30)  adalah petani di  Inhu, Provinsi Riau, namun kini  sudah terkontaminasi dengan Narkoba. Tak tanggung tanggung Narkoba yang dinikmatinya jenis Sabu..
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 23:53:17 WIB

    182 Pekerja Migran Nonprosedural Dipulangkan dari Malaysia

    182 Pekerja Migran Nonprosedural Dipulangkan dari Malaysia Dengan menggunakan pesawat terbang carter Malindo OD355 dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA), sebanyak 182 orang pekerja migran nonprosedural dipulangkan dari Malaysia  ke Surabaya, Jawa Tmur, Sabtu (27/2/2021), p.
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 23:42:19 WIB

    Pelaku Perampok Bengkel Mobil Tertangkap

    Pelaku Perampok Bengkel Mobil Tertangkap Pelaku perampok sadis dengan percobaan pembunuhan di bengkel mobil Pro Knalpot sudah ditangkap Tim gabungan Polda Kalimantan Tengah..
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 23:32:57 WIB

    Diculik KKB, 27 Pelajar Telah Dibebaskan

    Diculik KKB,  27 Pelajar Telah Dibebaskan Kelompok kriminal bersenjata (KKB)  di Nigeria, membebaskan 27 remaja laki-laki, Sabtu (27/2/2021). Mereka diculik dari sekolah  pekan lalu di Negara Bagian Niger..
  • Sabtu, 27 Februari 2021 - 22:58:32 WIB

    Asik Pesta Sabu, Pasturi Ini Diciduk Petugas Polisi

    Asik Pesta Sabu, Pasturi Ini Diciduk Petugas Polisi Saat asik pesta sabu, pasangan suami istri (pasutri) di Desa Batu Ampar, Indragiri Hilir, Provinsi Riau, diciduk petugas kepolisian..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]