Pascabom di Surabaya, Sumbar Dijaga Ketat


Selasa, 15 Mei 2018 - 09:21:47 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pascabom di Surabaya, Sumbar Dijaga Ketat Sejumlah anggota Polres Solok bersenjata lengkap memeriksa pengendara yang akan masuk ke polres, Senin (14/5). Peningkatan penjagaan itu dilakukan terkait ada aksi bom bunuh diri di Surabaya dan penyerangan Mapolresta Surabaya. RIVO SEPTI ANDRIES

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Pascateror beruntun yang terjadi di Jawa Timur, pihak kepolisian memperketat penjagaan Sumbar. Bandara Internasional Minangkabau (BIM), yang jadi gerbang masuk, dijaga ketat. Rumah ibadah juga begitu. Kantor-kantor polisi yang berpotensi jadi target pengeboman diamankan secara berlapis.

Upaya yang dilakukan pihak kepolisian tak lebih untuk menciptakan rasa aman dan menutup ruang gerak para peneror. Polda Sumbar tidak ingin kecolongan.

“Tujuan utama teroris adalah upaya menakut-nakuti warga agar diselimuti kecemasan dan membuat kondisi kacau. Sebab itu penjagaan diperketat. Warga diimbau untuk tidak takut,” terang Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal di GOR H, Agus Salim Padang, Senin (14/5).

Dijelaskannya, Polda Sumbar tetap waspada terkait serangkaian bom yang terjadi di Pulau Jawa.

 "Saya sudah perintahkan seluruh wilayah Sumbar untuk meningkatkan kewaspadaan dan tak boleh lengah. Ancaman itu bisa datang dimana saja dan kapan saja. Anggota patroli akan ditambah dan tetap meningkatkan keamanan di markas-markas ," tutur Kapolda

Polda Sumbar sendiri sudah mengambil langkah untuk memperketat pengamanan di seluruh tempat ibadah, terutama gereja. Meski demikian, jenderal bintang dua itu menyebut kalau Sumbar sebetulnya relatif aman terhadap aksi-aksi teroris. Hanya saja, pengawasan tetap harus dilakukan untuk memastikan nihilnya ancaman. "Namanya polisi kan harus siap siaga selalu," ujar Kapolda Sumbar berdarah Minangkabau tersebut.

Pengawasan BIM Diperketat

Manajemen Bandara Internasional Minangkabau (BIM) memperketat pemeriksaan untuk masuk ke bandara untuk mengantisipasi terjadinya teror yang sama. General Manager (GM) PT Angkasa Pura II Cabang BIM, Dwi Ananda Wicaksana menyampaikan, pemeriksaan dilakukan oleh PAM Terpadu yang merupakan BKO dari TNI AU dan AL serta unsur kepolisian dari Polsek Kawasan BIM, yang ditunjang oleh petugas dari Avsec Bandara Minangkabau.

“Untuk proses masuk memang dilakukan pemeriksaan terhadap semua kendaraan yang menuju bandara. Saat pengambilan karcis masuk tepatnya,” ujarnya melalui Humas PT Angkasa Pura II Cabang BIM Fendrik Sondra, Senin (14/5).

Dikatakannya, hal tersebut sengaja dilakukan untuk menciptakan rasa aman dan nyaman pada pengguna jasa bandara. Selain itu salah satu target yang harus dipenuhi oleh para petugas di lapangan.

“Kita harus selalu siap dalam kondisi apapun untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa bandara. Selain mengantisiapsi kemungkinan buruk, juga memperlihatkan kepada masyarakat bahwa BIM terus berusaha menjaga keamanan,” terang Fendrik lagi.

Soal personil yang siaga, Fendrik menyampaikan belum mengajukan penambahan personil pengamanan kepada Komite Keamanan Bandara.

“Untuk pemeriksaan penumpang dan pengunjung tetap sesuai ketentuan dan SOP yang berlaku. Karena hal tersebut harga mati yang dipegang teguh oleh para petugas bandara. Sesuai dengan salah satu tag keamanan yaitu safety first,” pungkasnya.

Setiap orang yang datang ke Mapolresta Padang kini juga diperiksa secara ketat.

"Untuk di Mapolresta kita tingkatkan juga keamanan seperti memperketat pemeriksaan bagi pengunjung. Seperti memeriksa KTP dan memeriksa barang bawaan pengunjung," terang Kabagops Polresta Padang, Kompol Ediwarman, Senin, (14/5).

Gereja Bethel Payakumbuh Dijaga

Di Payakumbuh, puluhan personil kepolisian melakukan pengamanan di Gereja Bethel, kawasan Lundang, Kota Payakumbuh.  

"Benar, kita melakukan pengamanan di Gereja Bhetel sesuai dengan jadwal kebaktian umat kristiani. Itu untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Kapolseta Payakumbuh Kompol Russirwan.

Kompol Russirwan mengatakan, pengamanan dilakukan sebagai bentuk antisipasi mengingat adanya tragedi yang terjadi di Surabaya, dan daerah lainnya di Indonesia.

"Pengamanan kita lakukan untuk memberikan rasa aman kepada umat kristiani dalam menjalankan ibadah," ucapnya.

Kompol Russirwan juga menambahkan bahwa tanggung jawab keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat bukan hanya tanggung jawab institusi Polri saja, tetapi juga semua elemen masyarakat.

"Kalangan ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta elemen lainnya juga diharapkan memberikan andil dalam menciptakan rasa aman dan nyaman di lingkungan kita," ujarnya.

Polres Solok

Aksi bom bunuh diri di Surabaya membuat polri meningkatkan pengamanan dan penjagaan, terutama di polres-polres seluruh Indonesia, tak terkecuali di Polres Solok, Senin (14/5). 

Di polres yang berada di Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, ini melalukan pemeriksaan ketat. 
Pantauan harianhaluan.com, ada 10 polisi bersenjata lengkap yang berjaga di pintu gerbang.

Setiap kendaraan yang akan masuk diperiksa, mulai dari pemeriksaan tubuh pengendara, identitas, hingga motor atau mobil yang dibawa.

“Ya ini memang perintah dari atas seluruh jajaran untuk meningkatkan kewaspadaan. Jadi setiap tamu yang akan masuk diperiksa, jika aman maka petugas memberi id card khusus tamu,” ujar Wakapolres Solok, Kompol Emanuel Lase didampingi Kasat Lantas Iptu Baiful.

Dijelaskannya, peningkatan penjagaan itu sudah dilakukan sejak tiga harii yang lalu. Namun, pascabom yang menyerang Polresta Surabaya, peningkatan jaga lebih dimaksimalkan.

“Untuk peningkatan sudah tiga hari ini. Tapi karena ada penyerangan Polres Surabaya tadi pagi maka 24 jam penjaaan dimaksimalkan. Dan mengenai kapan penjagaan ini normal, tergantung perintah atasan sampai situasi kondusif,” paparnya.(h/win/mg-ari/rei)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 14 Mei 2018 - 22:02:38 WIB

    Pascabom Surabaya, Mobil yang Masuk BIM Diperiksa

    Pascabom Surabaya, Mobil yang Masuk BIM Diperiksa PADANG, HARIANHALUAN.COM - Peristiwa ledakan bom yang mulai dikawatirkan meresahkan, manajemen Bandara Internasional Minangkabau (BIM) memperketat pemeriksaan. Hal tersebut upaya BIM untuk mengantisipasi terjadinya teror yang.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM